5 Cara Mengatasi Printer Ready Tidak Merespon Perintah Print, Work 100%

Cara Mengatasi Printer Ready Tidak Merespon Perintah Print - Pada postingan kali ini akan membahas tentang cara mengatasi printer tidak merespon perintah print. Masalah printer tidak merespon perintah print adalah hal yang menyebalkan ketika mau ngeprint file dalam keadaan buru-buru.

Lalu apa penyebab printer ready tapi tidak merespon? bagaimana cara memperbaiki printer yang tidak merespon tersebut? Apa yang menyebabkan printer tidak merespon? Kenapa printer tidak bisa ngeprint padahal sudah ready? Kenapa printer offline padahal sudah tersambung?Nah berikut ini, mimin digifycloud.com akan membahasnya untuk anda.

Keyword: printer ready tidak bisa print, cara mengatasi printer tidak mau ngeprint, penyebab printer thermal tidak mau ngeprint, printer canon tidak respon

Printer Tidak Merespon Perintah Print

Cara Mengatasi Printer Ready Tidak Merespon Perintah Print

Cara Mengatasi Printer yang Tidak Merespon Perintah Print- Printer ialah salah satu alat elektronik yang membantu manusia dalam mempercepat proses pekerjaan, baik kantoran maupun pribadi. Namun seringkali printer mengalami masalah  printer ready tapi tidak merespon.

Baca Juga:

Masalah seperti ini sering terjadi pada windows 7,8,10, vista dan windows xp. Selain itu kalau printer biasanya pada  canon ip2770, printer canon mp258, printer epson l360, canon mp237, printer epson l120, dan merk dan tipe printer lainnya yang sering mengalami masalah printer tidak merespon perintah print.

Penyebab Printer Ready tidak Merespon Perintah Print

Kenali terlebih dahulu mengapa printer ready tidak merespon perintah print? Dengan demikian untuk memperbaikinya akan sangat mudah sebagaimana di jelaskan dibawah ini beberapa faktor penyebab terjadinya hal tersebut.

  1. Pertama adalah kemungkinan dari printer itu sendiri, dan
  2. Kedua adalah kerusakan pada sistem printer anda.

Sebetulnya, kedua penjelasan printer tidak merespons di atas masih dalam kategori kemungkinan. Namun setidaknya, kita memiliki sebuah gambaran untuk mengecek keadaan printer kita.

Cara Mengatasi Printer Tidak Merespon Perintah Print

Cara Mengatasi Printer yang Tidak Merespon Perintah Print - Nah, untuk kalian yang mungkin saat ini sedang mengalami masalah pada printernya tidak merespon perintah print, maka kalian dapat mencoba praktekan cara ini, dan tentunya telah dicoba sebelumnya oleh banyak pengguna printer dan terbukti sampai saat ini masih work.

1. Koneksi Kabel USB Printer

Printer tidak merespon perintah print dapat diatasi dengan melepas dan menyambungkan kembali kabel USB printer secara berkala. Mencabut dan memasang kembali kabel USB printer beberapa kali dapat menyebabkan sistem mendeteksi ulang printer.

Baca Juga:

Printer diharapkan bereaksi terhadap perintah cetak yang sebelumnya tidak merespon. Untuk memastikan bahwa port USB Anda tidak bermasalah, masukkan kabel USB printer ke port USB lain di laptop atau PC Anda. 

2. Jalankan Services.msc Pada Windows

Jika kabel printer USB ditemukan normal, Anda dapat mencoba mengatasi masalah  printer tidak merespon perintah print menggunakan services.msc. Banyak layanan Windows, termasuk service manajemen printer misalanya saja services.msc. Service ini dikenal sebagai spooler cetak. Kemudian ikuti tutorial yang diuraikan di bawah ini:
  • Silahkan anda klik tombol Windows + R untuk membuka jendela RUN
  • Lalu anda Ketik “services.msc”
  • Kemudian silahkan anda klik tombol “OK”
  • Selanjutnya anda tunggu jendela “Services” sampai terbuka
  • Silahkan anda Cari “Print Spooler”
  • Lalu kemudian anda Klik pada “Print Spooler”
  • Selanjutnya anda Pilih saja “Stop”
  • Jangan lupa anda Minimize jendela “Services”
  • Silahkan kalian Buka “Windows Explorer” atau dengan menekan sekaligus Windows + E
  • Lalu, anda Buka “C:\Windows\System32\spoolPRINTERS”
  • Kemudian anda Hapus semua file yang ada didalamnya
  • Kalian Buka kembali jendela “Services”
  • Selanjutnya anda Klik “Print Spooler”
  • Kemudian seilahkan plih “Start”
  • Lalu terakhir kalian coba Restart laptop atau PC Anda
  • Selesai.

3. Instal ulang Driver Printer

Salah satu alasan paling umum untuk printer tidak merespon perintah print adalah masalah dengan driver printer. Anda dapat mengatasi masalah dengan menginstal ulang Driver Printer. Anda dapat menggunakan CD atau DVD driver internal untuk menginstal driver. Jika tidak ada, Anda bisa mendapatkannya dari situs web resmi Driver Printer Anda.

4. Reset Printer

Jika Anda telah menginstal ulang driver printer tetapi printer masih tidak bereaksi terhadap perintah cetak, Anda dapat mencoba untuk meresetnya kembali. Biasanya, setiap merek atau jenis printer memiliki proses reset yang berbeda-beda.
Reset printer akan mengembalikan printer ke setelan aslinya. Masalah pada printer biasanya diselesaikan dengan mengatur ulang printer. Dengan cara ini dapat menyelesaikan masalah pada printer anda.

5. Servis Printer

Opsi terakhir untuk menangani printer tidak merespon perintah print adalah dengan membawanya ke tukang servis printer. Sebenarnya kerusakan pada printer dapat dideteksi dengan memeriksa kedipan lampu indikasi printer. Lampu LED yang berkedip (blink) memiliki arti khusus.

Biasanya, masalah printer yang disebabkan oleh komponen yang tidak berfungsi sulit untuk diselesaikan sendiri. Dalam skenario ini, Anda harus mencari bantuan dari tukang service printer terkemuka.

Akhir Kata

Nah itu dia Cara Mengatasi Printer Ready Tidak Merespon Perintah Print yang dapat kalian praktekan dirumah. Semoga dengan cara ini dapat menjawab kegelisahaan anda cara memperbaiki printer ready tidak merespon. Sekian Cara Mengatasi Printer yang Tidak Merespon Perintah Print dan Terimakasih

Keyword: printer epson l3150 tidak bisa print, kenapa printer tidak bisa ngeprint setelah diisi tinta, printer hp tidak bisa print, printer epson tidak bisa mencetak tulisan