Cara Reset Printer Canon MP287 dan Solusi Kode Error MP287, Simak Tutorialnya

Cara Reset Printer Canon MP287 - Hallo, dalam artikel kali ini mimin mau ngeshare untuk kalian semua Cara reset printer canon MP287.  Printer canon seri MP287 merupakan salah satu printer multifungsi yang mudah di gunakan. 

Walaupun printer mp 287 sudah lama namun sampai saat ini masih menjadi andalan bagi sebagian orang. Disisi lain juga, untuk harga perbaikan dan perawatan printer canon mp287 termasuk murah bahkan gratis.

Keyword: tombol resume pada printer canon mp287 cara restart printer canon mp287 cara reset printer canon mp280 cara reset printer canon mp287 tanpa software printer canon mp287 mati total setelah di reset

Mudah! Cara Reset Printer Canon MP287 dan Solusi Kode Error MP287

Sebagaimana pada judul postingan cara mereset dan memperbaiki canon mp287 dengan aplikasi resetter, mimin akan berbagi kepada kalian jika seandainya sedang mencari solusi terhadap printer canon pixma mp287 anda. Untuk kalian yang belum tahu bagaimana cara reset printer canon mp287 dengan service tool atau tanpa software simak terus artikel ini.

Cara Reset Printer Canon MP287 dengan Service Tool atau Tanpa Software

Tentunya Reset printer adalah sebuah solusi terbaik jika printer canon mp287 mengalami masalah eror. Sebelum kita mereset printer canon pixma mp287, ada baiknya perlu mengetahui dengan benar cara reset printer canon ini. 

Kamu jangan khawatir dan bingung bagaimana cara menggunakan resetter canon mp287 ini. Karena cara reset printer canon mp287 cukuplah mudah sebagaimana dijelaskan dibawah ini.

Cara Reset Printer Canon MP287 secara Manual

Nah, untuk cara yang pertama adalah cara reset printer canon mp287 tanpa software atau secara manual. Jika tidak ingin ribet menggunakan service tool atau software, kamu bisa menggunakan cara ini.

Cara Reset Printer Canon MP287 dengan Software

Kemudian untuk cara reset printer canon mp287 dengan service tool (menggunakan software). Disini kita menggunakan aplikasi resetter printer untuk memperbaiki canon mp287 kita, berikut ini tutorialnya.

Cara Reset Printer Canon MP287 dengan Software
  1. Untuk memulai, kalian download Resetter Canon MP287: V3400 Service Tool.
  2. Jika sudah terdownload lengkap, jalankan saja programnya.
  3. Jangan lupa untuk siapkan juga kertas untuk  diprint
  4. Periksa aplikasi komputer. Periksa apakah program sudah terinstal dengan benar.
  5. Jika sudah terinstal di komputer, program berikut dapat segera dijalankan.
  6. Periksa bagian "clear ink counter" dan "ink absorber counter" saat aplikasi terbuka.
  7. Ketuk opsi "main" setelah memilih "set".
  8. Setelah itu, Anda dapat langsung memilih opsi "eeprom" untuk mencetak halaman baru dengan kode "D=000.0."
  9. Setelah itu, matikan printer.
  10. Tunggu beberapa menit sebelum menyalakan kembali printer Canon MP287.
  11. Gunakan printer siap pakai untuk melakukan tes pencetakan dokumen.
  12. Ini akan memakan waktu Anda sekitar 5 menit untuk me-reset printer menggunakan program.

Cara Reset Printer Canon MP287 Tanpa Software

Nah, untuk cara yang ketiga ini, kita akan mereset printer canon 287 ini tanpa menggunakan tool atau software tambahan. Cukup saja dengan Service Mode MP287 saja. Tanpa lama-lama begini Cara Reset Printer Canon MP287 Tanpa Software:

Cara Reset Printer Canon MP287 Tanpa Software
  1. Untuk memulai, nonaktifkan printer Canon MP287 dengan menekan tombol "off" di bagian depan printer.
  2. Selanjutnya cabut kabel printer yang masih terhubung ke stop kontak.
  3. Jangan lepaskan tombol "power" printer dulu.
  4. Anda dapat menyambungkan kembali kabel daya ke stopkontak sambil menekan tombol "daya".
  5. Tunggu beberapa detik, sekitar lima detik.
  6. Klik dua kali tombol "lanjutkan". Jika tindakannya membingungkan, itu akan ditandai dengan nyala api hijau.
  7. Lepaskan tombol "daya" yang sebelumnya ditekan.
  8. Temukan menu "panel kontrol" di layar komputer Anda.
  9. Temukan opsi "perangkat dan printer" di menu "panel kontrol" segera.
  10. Printer baru dapat ditemukan di bawah opsi "perangkat dan printer". Jika Anda masih bingung, printer baru akan diberi label "salin" di bagian belakang.
  11. Printer kemudian dapat disetel sebagai printer default.

Masalah Eror E & P pada Printer Canon 

Kode Error Dengan Indikator "E"

1.Masalah printer canon E02

Penyebabnya yakni “Printer is out of paper” artinya kehabisan kertas atau tidak pas posisi dari kertas diprinter anda. Cara mengatasi kode eror canon E02 adalah dengan memasukka kembali kertas dan serta memperbaiki posisi dari kertas itu.

2.Masalah printer canon E03

Penyebabnya yakni “paper jammed” atau secarik kertas yanga ada di printer mengalami kemacetan. Cara mengatasi kode eror canon E03 adalah dengan mengecek ulang apakah ada sesuatu mengganjal keluarnya kertas, cek roller printer apakah berfungsi atau tidak dan copot masukkan kembali kertas.

3. Masalah printer canon E04 dan E05

Penyebabnya yakni “The Fine Cartidge cannot be recognized “ atau Cartridge tidak terdeteksi. Umumnya yang terjadi cartridge tidak terpasang dengan baik dan benar ataupun cartridge printer anda sudah rusak. Cara mengatasi kode eror printer canon E04 dan E05 adalah dengan melepas cartridge lalu bersihkan dan pasang lagi. Kemudian jika gagal, ganti cartridge printer tersebut dengan yang baru.

4.Masalah printer canon E07

Penyebabnya yakni jumlah pemakaian cetak tinta pada cartridge sudah melampaui batas yang telah di tetapkan dan atau bisa juga pencetakan sudah penuh. Cara mengatasi kode eror printer canon MP287 E07 adalah dengan cara mereset ulang printer anda.

5.Masalah printer canon E08

Penyebabnya yakni “Ink absorber is almost full ” atau dengan kata lain penyerap tinta sudah hampir penuh. Cara mengatasi kode eror printer canon E08 adalah dengan menekan tombol hitam ataupun warna dengan tujuan melanjuti proses printing (pencetakan)

6.Masalah printer canon E13

Penyebabnya yakni “The Remaning Ink Level Cannot  be detected” kode eror ini artinya bahwa tinta pada printer canon tidak terdeteksi atau sudah habis. Cara mengatasi kode eror printer canon E13 dengan menekan tombol stop/reset selama beberapa detik sampai display indikatornya menunjukan angka 1

7.Masalah printer canon E14

Penyebabnya yakni “The Fine Cartidge cannot be recognized “ atau Cartridge printer anda tidak terdeteksi. Umumnya hal ini biasa terjadi sebab cartridge printer memang sudah waktunya untuk diganti. Cara mengatasi kode eror printer canon MP287 E14 adalah dengan cara mengganti cartridge, jika masih bisa digunakan cukup kalian bersihkan saja.

8.Masalah printer canon E15

Penyebabnya yakni “The Fine Cartidge cannot be recognized “ atau Cartridge tidak terdeteksi. Eror semacam ini karena cartridge tidak terpasang dengan benar. Cara mengatasi kode eror printer canon E15 adalah dengan cara melepas Cartridge terlebih dahulu lalu memasangnya kembali dengan baik.

9.Masalah printer canon E16

Penyebabnya yakni "The Ink has Run Out". Cara mengatasi kode eror printer canon E16 adalah dengan cara menekan tombol STOP/RESET selang beberapa detik hingga LCD panel berputar atau kota peringatan dilayar monitor hilang lalu lepas
             

10.Masalah printer canon E30

Penyebabnya yakni pada file/dokumen yang bakal kita scan karena ukurannya terlalu kecil. Cara mengatasi kode eror printer canon E30 adalah dengan cara memeriksa dan memastikan kembali apakah dokumen sudah sesuai atau tidak.

11.Masalah printer canon E31  

Penyebabnya yakni “The printer is not connected with computer” atau printer canon belum sepenuhnya sudah terhubung dengan benar di komputer/laptop. Cara mengatasi kode eror printer canon E31 adalah dengan mengecek dan memastikan apakah sudah terhubung dengan baik dan benar, jika sudah dan masih gagal, ganti kabel tersebut.

12.Masalah printer canon E50

Penyebabnya yakni dokumen tidak terdeteksi saat melakukan scanning. Cara mengatasi kode eror printer canon E50 adalah dengan memasukan kertas yang sesuai ukurannya, memposisikan kertas dengan baik, memastikan plat kaca scanner dalam keadaan bersih dari benda, dan terakhir print head dalam keadaan baik.

Kode Error Dengan Indikator “P”

1.Masalah printer canon P02

Penyebabnya yakni Carriage error, adanya masalah di Carriage. Cara mengatasi kode eror printer canon P02 adalah dengan membersihkan encoder, mengecek roll printer apakah tidak ada yang mengganggu. 

2.Masalah printer canon P03

Penyebabnya yakni Line feed error. Cara mengatasi kode eror printer canon P03 adalah dengan mengecek ulang sensor untuk timing dan membersihkan mainboard printer

3.Masalah printer canon P05

Penyebabnya yakni terjadinya kerusakan pada ASF sensor. Cara mengatasi kode eror printer canon P05 adalah dengan mengganti salah satu part seperti ASF unit,board,dan motor printer

4.Masalah printer canon P06

Penyebabnya yakni temperatur pada printer sangat panas. Cara mengatasi kode eror printer canon P06 adalah dengan membersihkan mesin atau dengan cara mengganti board

5.Masalah printer canon P07

Penyebabnya yakni Ink absorber full. Cara mengatasi kode eror printer canon P07 adalah dengan cara mereset ulang printer lewat menu maintenance yang ada di komputer.

6.Masalah printer canon P08

Penyebabnya yakni temperatur pada printer terlalu panas. Cara mengatasi kode eror printer canon P08 adalah dengan cara mengganti cartridge warna.

Baca Juga:

7.Masalah printer canon P09

Penyebabnya yakni EEPROM Error. Cara mengatasi kode eror printer canon P09 adalah dengan cara mengganti board.

8.Masalah printer canon P10

Penyebabnya yakni salah satu komponen printer yang disebabkan arus pendek listrik. Cara mengatasi kode eror printer canon P10 adalah dengan cara mematikan total printer selang beberapa menit baru dihidupkan kembali, jika gagal maka ganti saja komponen yang bermasalah.

9.Masalah printer canon P15

Penyebabnya yakni USB over current. Cara mengatasi kode eror printer canon P15 adalah dengan cara mengganti kabel atau ganti board.

10.Masalah printer canon P20

Penyebabnya yakni Other hardware error atau kerusakan pada hardware. Cara mengatasi kode eror printer canon P20 adalah dengan cara Silahkan anda mengganti mainboard atau hardware printer

11.Masalah printer canon P22

Penyebabnya yakni Scanner tidak berfungsi. Cara mengatasi kode eror printer canon P20 adalah dengan cara mengganti scanner atau board.

Akhir Kata

Nah itu dia gan Cara Reset Printer Canon MP287 dan Solusi Kode Error MP287. Jika printer anda sedang mengalami error dan perlu memperbaiki canon mp287 tersebut, kalian bisa mengguana cara diatas.

Sekian dulu cara reset cartridge canon mp287 setelah diisi ulang dan cara reset printer canon mp287 dengan service tool atau tanpa software. Semoga artikel cara reset printer canon mp287 ini dapat bermafaat untuk teman-teman semua.

Keyword: cara reset canon mp287 e08 mp287 cara mereset printer canon mp287 cara reset mp287 cara reset printer mp287 cara reset cartridge canon mp287 setelah diisi ulang