6 Cara Memperbaiki Error 0x80073CFB Microsoft Store di Windows 10 /11

Memperbaiki Error 0x80073CFB Microsoft Store - Halo pada kesempatan kali ini, digifycloud.com mau berbagi tutorial Bagaimana cara memperbaiki kesalahan (error) 0x80073CFB Microsoft Store Windows Windows 10 dan Windows 11.

Tentunya error atau kesalahan kode 0x80070005 ini merupakan salah satu code error yang umum terjadi yang secara teknis berarti izin ditolak atau akses ditolak. 

Hal semacam ini seringkali kita temukan di banyak program atau layanan windows yang menunjukkan code error atau kesalahan kode 0x80070005. Cukup membingungkan dan membuat kita penasaran.

Apa itu Kode Error 0x80073CFB Microsoft Store?

6 Cara Memperbaiki Error 0x80073CFB Microsoft Store di Windows 10 /11

Sebelum masuk dalam pembahasan Cara Memperbaiki Error 0x80073CFB Microsoft Store di Windows 10 dan Windows 11, tentunya kita perlu mengetahui defenisi kode error 0x80073CFB.

Lalu Apa itu Kode Error 0x80073CFB Microsoft Store? nah kode error ini merupakan  sebuah Paket yang telah disediakan dan sudah diinstal, namun dalam proses penginstalan ulang paket tersebut diblokir. 

Untuk melihat Code Error 0x80073CFB Microsoft Store secara detail maka saran terbaik dari digifycloud.com adalah dengan memeriksa log peristiwa AppXDeployment-Server secara detailnya. Kamu bisa mencoba menganalisa log enent AppXdeployment-Server dengan detil.

Cara Memperbaiki Error 0x80073CFB Microsoft Store di Windows 10 dan Windows 11


Pesan peringatan ketika terjadinya Error 0x80073CFB Microsoft Store adalah "Code 0x80073cfb: The provided package is already installed, and reinstallation of the package was blocked. Check the AppXDeployment-Server event log for details"

Jangan khawatir ada beberapa solusi yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah Error 0x80073CFB Microsoft Store baik itu Windows 10 maupun pada Windows 11.

Akan tetapi sebelum memulainya, terlebih dahulu pastikan bahwasanya aplikasi atau program itu masih belum terinstall di komputer kamu. Kalau sudah terinstal, "uninstall" dan "install" kembali lalu berikut ini adalah Cara Memperbaiki Error 0x80073CFB Microsoft Store di Windows 10 / 11 (How do I fix Microsoft Store error code 0x80073CFB?).

1. Sign Out/Log out dari Microsoft Store dan Sign in Kembali

Sign Out/Log out dari Microsoft Store dan Sign in Kembali

Cara Memperbaiki Error 0x80073CFB Microsoft Store yang pertama kita lakukan adalah dengan Log out dari Microsoft Store dan lalu kembali Sign in dengan cara sebagai berikut:
  • Silahkan anda buka "Microsoft Store" anda,
  • Lalu silahkan klik pada bagian gambar "Profil Akun" anda 
  • Kemudian perhatikan tepat dibagian pojok atas dan pilih "Sign out / Log out"
  • Lalu silahkan "Hapus Cache" untuk Microsoft Store Anda
  • Kemudian "Perbaiki/Setel Ulang" Microsoft Store
  • Selanjutnya kembali "Sign in/Masuk" ke akun anda
  • Sudah, silahkan klik "User Account" dan pilih akun email anda
  • Lalu anda klik atau pilih tombol "Continue".
  • Selesai.
Cara yang pertama diatas, cukup work namun jika seandainya Cara Memperbaiki Error 0x80073CFB Microsoft Store tersebut tidak dapat memecahkan masalah Error 0x80073CFB, kamu bisa menggunakan cara alternativ yang kedua.

2. Menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter

Menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter

Cara Memperbaiki Error 0x80073CFB Microsoft Store selanjutnya adalah dengan cara menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter. Berikut ini tutorial langkah mengatasi masalah Error 0x80073CFB Microsoft Store.
  • Silahkan menekan tombol "Win + I" untuk masuk pada "Settings Windows"
  • Jika sudah, silahkan kalian pilih Settings pilih "Update & Security"
  • Lalu, pilih dan klik "Troubleshoot"
  • Selanjutnya pilih "Additional Troubleshooters"
  • Lalu kalian gulir ke bawah dan pilih "Windows Store Apps"
  • Selanjutnya anda klik "Run the Troubleshooter" yang bertujuan untuk proses "Troubleshooter"
  • Kemudian, "Restart Ulang" komputer Anda.

3. Bersihkan Cache Windows Store Anda

Bersihkan Cache Windows Store Anda

Selanjutnya Cara Memperbaiki Error 0x80073CFB Microsoft Store adalah dengan cara melakukan penghapusan Cache Windows Store Anda. Untuk menghapus cache untuk Windows Store Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Silahkan menekan tombol "Win + R" untuk masuk pada "CMD"
  • Kemudian pada jendela "Command Prompt", ketik perintah "wsreset" dan lalu "Enter"
  • Jika sudah, silahkan "Restart Ulang" komputer Anda.

4. Reset atau Setel Ulang Microsoft Store

Reset atau Setel Ulang Microsoft Store

Jika masih Microsoft Store anda dalam keadaan Code Error 0x80073CFB, cara mengatasinya adalah dengan mereset ulang kesetelan pabrik Microsoft Store dengan mengikuti langkah-langkah yang di bawah ini:

  • Silahkan anda tekan tombol "Win+I" untuk membuka "Pengaturan atau Setting Windows"
  • Lalu kalian cari dan pilih "Apps & Features" di jendela Settings
  • Selanjutnya klik menu tiga titik di sisi kanan logo Microsoft Store lalu pilih "Advanced options"
  • Lalu silahkan pilih "Repair", jika tidak berhasil pilih "Reset" untuk mengatur ulang Microsoft Store.

5. Menonaktifkan Server Proxy Microsoft Store

Menonaktifkan Server Proxy Microsoft Store

Cara Memperbaiki Error 0x80073CFB Microsoft Store selanjutnya adalah dengan cara Menonaktifkan Server Proksi Microsoft Store. Berikut ini tutorial langkah menonaktifkan server proxy.

  • Silahkan klik pada Search Windows lalu ketikan "Proxy"
  • Kemudian pilih "Pengaturan Proxy"
  • Lalu pilih "Setup" tepat di sebelah Opsi Use a Proxy Server
  • Selanjutnya pilih "Nonaktifkan Opsi Use a Proxy Server" (Gunakan server proxy)"
  • Terkahir "Nonaktifkan Opsi Use a Proxy Server" dan simpan.

6. Menghapus Web Media Extensions Windows Store

Menghapus Web Media Extensions Windows Store

Terkahir adalah dengan Menghapus Web Media Extensions. Cara Memperbaiki Error 0x80073CFB Microsoft Store yang mungkin bisa anda praktekan dan pilihan ini cukup berhasil.

  • Silahkan buka CMD anda dengan menekan tombol "Win + R"
  • Lalu anda ketikan CMD
  • Pada jendela CMD masukkan perintah dibawah ini
  • Lalu silahkan "Enter" di Command Prompt
  • Selesai.
$appToFix = Microsoft.WebMediaExtensions && Get-AppxPackage -Nama "$appToFix" -AllUsers | Hapus-AppxPackage -AllUsers

Nah itu dia teman-teman Cara Memperbaiki Error 0x80073CFB Microsoft Store di Windows 10 maupun windows 11.  Semoga dengan tutorial mengatasi masalah Error 0x80073CFB pada Microsoft Store dapat teratasi.

FAQ Tentang Microsoft Store Error 0x80073cfb

error 0x80073cfb windows store, microsoft store error 0x80073cfb, microsoft store error code 0x80073cfb, microsoft store download error 0x80073cfb

Apakah Windows Store dan Microsoft Store Sama?

Di Windows 10 Fall Creators Update yang resmi dirilis 17 Oktober, Windows Store bakal diganti dengan Microsoft Store. Sebenarnya pergantian ini bukan sekedar pergantian branding, karena secara fungsi juga ada sedikit pergeseran.

Apa itu Microsoft Store atau Windows Store?

Microsoft Store yang sebelumnya disebut Windows Store merupakan pasar online bagi konsumen untuk membeli dan mengunduh berbagai item . Toko ini memungkinkan pengguna untuk membeli perangkat keras seperti PC, produk Surface dan konsol Xbox, atau mengunduh perangkat lunak dan konten digital, termasuk aplikasi, game, film, atau acara TV.

Apa Guna dan Manfaat Microsoft Store?

Microsoft Store digunakan untuk mengunduh aplikasi ke sistem Windows. Meskipun Anda juga dapat mengunduh aplikasi dari situs web pembuatnya, Microsoft memastikan untuk memindai setiap perangkat lunak demi keamanan. Selain itu, prosedur untuk mengunduh aplikasi dari Microsoft Store disederhanakan.

Apakah aman download aplikasi di Microsoft Store?

Windows Store menyediakan berbagai macam aplikasi dan game yang sudah pasti kompatibel dengan Windows 10, Windows 11. Selain jaminan kompatibilitas, download aplikasi lewat Windows Store juga lebih aman.

Aplikasi yang di download di Microsoft Store tersimpan dimana?

Sama seperti program desktop klasik, aplikasi diinstal dari Windows Toko dipasang di drive yang sama di mana Windows diinstal. Semua aplikasi dan aplikasi default yang diinstal dari Store disimpan di “C: Program FilesWindowsFolder Apps ”. Itu WindowsFolder Apps tidak dapat diakses tanpa mengubah izin defaultnya.

Bagaimana cara mengaktifkan Microsoft Store?

Buka Windows Run, kemudian ketikan ms-windows-store: dan tekan enter pada keyboard. Dengan begitu maka Microsoft Store akan langsung terbuka.

Bagaimana cara login Microsoft Store?

Masuk ke akun Microsoft dan pilih Masuk. Ketikkan email, nomor telepon, atau masuk Skype yang Anda gunakan untuk layanan lainnya (Outlook, Office, dll.), lalu pilih Berikutnya. Jika tidak memiliki akun Microsoft, Anda dapat memilih Tidak ada akun? Buat akun!