Cara Membuat Bot di Whatsapp 2022 dengan Mudah Tanpa Aplikasi

Cara Membuat Bot di Whatsapp - Dalam kesempatan kali ini, mimin digifycloud.com mau berbagi tutorial tentang Cara Membuat Bot di Whatsapp. Jika anda ingin memiliki WhatsApp Bot Indonesia maka pastikan kamu haru tahu Cara Membuat Bot di Whatsapp Business Dengan Gratis dan Mudah.

Dengan perkembangan zaman dan persaingan bisnis yang semakin hari semakin ketat, para pengusaha memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Tiktok, Telegram dan WhatsApp untuk mempromosikan barang produknya agar lebih banyak laku di pasaran.

Namun dengan banyaknya orderan yang masuk terkadang membuat para penjual capek dan bingung dalam melayani para pelanggan atau konsumen jika membalas satu persatu, akan tetapi dengan munculnya Bot di Whatsapp semuanya menjadi lebih ringan dan mudah.

Apa itu Aplikasi WhatsApp?

Cara Membuat Bot di Whatsapp Dengan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi secara Gratis dan Mudah

Dilansir dari situs whatsapp.com, pengertian dari WhatsApp adalah aplikasi gratis2 yang menyediakan layanan bertukar pesan dan panggilan yang sederhana, aman, dan reliabel serta tersedia pada berbagai telepon di seluruh dunia. Dan ya, nama WhatsApp adalah pelesetan dari frasa What's Up, yang artinya Apa Kabar.


WhatsApp merupakan sebuah layanan pesan singkat yang diluncurkan untuk pengguna ponsel Android dan iOS. Aplikasi ini populer digunakan untuk mengirim pesan, melakukan panggilan suara, hingga berbagi momen keseharian dan saat ini banyak dimanfaatkan untuk keperluan bisnis.

Apa itu WhatsApp Bot?

Tentunya muncul dalam benak kita Apa itu WhatsApp Bot? singkatnya bahwasanya WhatsApp bot sebuah Bot di Whatsapp yang dibuat oleh user aplikasi WhatsApp yang bertujuan untuk membantu dalam hal meningkatkan customer experience dalam merespon pelanggan secara otomatis.


Bot WhatsApp adalah sebuah aplikasi yang hanya berproses di dalam WhatsApp itu sendiri. Para user Bot WhatsApp dapat melakukan interaksi dengan bot itu sendiri hanya dengan mengirimkan sebuah chat ataupun perintah, secara otomatis akan ada suatu interaksi sesuai data yang kita input dan sebaliknya Bot WhatsApp secara otomatis mengirimkan pesan ke user.

Apa Fungsi Bot WA?

Lalu apasih manfaat atau fungsi dari Bot WA itu sendiri? chatbot pada WhatsApp ini merupakan sebuah program apk yang sangat berguna bagi pelaku bisnis untuk membantu menanggapi keluhan atau pertanyaan dari konsumen di WhatsApp.

Selain itu juga, dapat digunakan sebagai sarana marketing yang efektif dan efisien. Bagaimana anda tertarik untuk memiliki chatbot pada WhatsApp atau WhatsApp Bot ini? atau ingin tahu bagaimana caranya membuat chatbot WhatsApp? Simak terus ya artikel ini.

Apa Saja Fitur-Fitur yang Dimiliki WhatsApp Bot?

Sebelum masuk dalam tutorial Cara Membuat Bot di Whatsapp, perlu diketahui juga beberapa fitur-fitur yang dimiliki WhatsApp Bot yang pastinya membantu kita dalam menjalankan bisnis dengan mudah dan gratis.

1. Multi Agent dan Device 

Akun WhatsApp Bot anda dapat diakses oleh banyak admin customer service anda dari berbagai perangkat/device yang pastinya akan memudahkan anda dalam melayani pelanggan dengan efektif dan efesien

2. WhatsApp Automation

WhatsApp Bot anda akan berjalan secara otomatis dalam hal menyimpan atau mendownload data kontak WhatsApp, Chatingan (percakapan), dan database lainnya yang pastinya bermanfaat untuk customer experience yang bagus.

3. Auto Reply

Fitur Auto Reply di WhatsApp Bot ini berfungsi untuk menjawab semua chat yang masuk sesuai dengan desain sebelumnya terhadap bisnis anda. Misalnya saja, salam ke konsumen, informasi harga produk, deskripsi produk, dan bahkan dalam proses transaksi sekalipun.

Baca Juga:

4. Blast

Fitur Blast di WhatsApp Bot ini sangat membantu pelaku bisnis dalam mengirimkan pesan massal yang tak terbatas sekaligus tanpa kita harus menyimpan kontak konsumen terlebih dahulu. Dengan demikian, bisnis produk dikenal secara luas dan pastinya banyak pelanggan juga.

5. Analytic Report

Fitur Analytic Report atau laporan analisis ini berfungsi untuk melihat interaksi bisnis kita, transaksi trend penjualan bahkan sampai dengan pencapaian kerja tim CS. Hal ini dapat kita manfaatkan untuk mengontrol, mengevaluasi untuk perubahan yang lebih baik kedepan.

6. Green Thick

green thick atau Centang hijau ini adalah sebuah ikon atau tanda akun WhatsApp Bot telah diverifikasi dan memiliki sebuah bisnis. Dengan demikian akan meningkatnya kepercayaan dan kredibilitas para pelanggan atau konsumen terhadap bisnis kita.

7. Rotator

Fungsi fitur Rotator ini adalah untuk membantu kita untuk forward pesan dari leads secara adil yang pastinya sesuai dengan kemampuan customer service. Hal ini bertujuan agar pelayanan terhadapa konsumen lebih efektif dan efesien.

8. Integrasi dengan CRM

Fitur WhatsApp Bot ini berfungsi untuk membantu pelaku bisnis dalam meningkatkan sekaligus mengembangkan pertumbuhan bisnis serta loyalitas kepada konsumen.

Cara Membuat Bot di Whatsapp Dengan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi secara Gratis dan Mudah

Nah setelah mengetahui beberapa fitur yang dimiliki oleh Bot WA diatas, maka selanjutnya adalah bagaimana Cara Membuat Bot di Whatsapp Business Dengan Gratis dan Mudah. Untuk membuat WhatsApp Bot cukup mudah, simak tutorial berikut dibawah ini:

Cara Membuat Bot di Whatsapp dengan Aplikasi AutoResponder WhatsApp

Jika kamu ingin membuat WhatsApp Bot di WA dengan aplikasi, maka berikut ini adalah tutorial Cara Membuat Bot di Whatsapp dengan Aplikasi dengan mudah dan sederhana, simak Cara Membuat Bot Whatsapp Auto Reply dibawah ini

1. Pertama silahkan anda donwload dan install aplikasi AutoResponder for WhatsApp di Android
2. Kemudian, silahkan anda buka aplikasi AutoResponder for WhatsApp tadi

Cara Membuat Bot di Whatsapp dengan Aplikasi AutoResponder WhatsApp digifycloud.com

3. Lalu, Aplikasi akan meminta Anda untuk memberikan akses Notifikasi. 
4. Silahkan klik Pengaturan Pemberitahuan, dan aktifkan AutoResponder for WhatsApp
5. Jika muncul pop up peringatan, klik saja OK

Cara Membuat Bot di Whatsapp dengan Aplikasi AutoResponder WhatsApp digifycloud.com

6. Kemudian, anda klik tombol ikon tambah (+)

Cara Membuat Bot di Whatsapp dengan Aplikasi AutoResponder WhatsApp digifycloud.com
7. Lalu di Receive Message masukan kalimat misalnya "Hi"
8. Kemudian di Reply Message masukan kalimat misalnya 'Hey There"
9. Jika sudah, silahkan simpan dengan mengklik Tombol Centang

Cara Membuat Bot di Whatsapp dengan Aplikasi AutoResponder WhatsApp digifycloud.com

10. Kemudian, akan secara otomatis akan berjalan sesuai dengan settingan yang kita buat
11. Selesai.

Bagaimana cukup mudah bukan cara membuat bot di Whatsapp? Tentunya Cara Membuat Bot Whatsapp Auto Reply ini semuanya mempermudah pekerjaan kita dalam melayani konsumen.

Cara Membuat Bot di Whatsapp dengan Aplikasi WhatsApp Business

setelah mengetahui Cara Membuat Bot di Whatsapp dengan Aplikasi AutoResponder WhatsApp, selanjutnya adalah Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis dengan aplikasi WhatsApp Business yang dapat kita gunakan sebagai chatbot untuk produk anda.

1. Silahkan anda donwload dan instal aplikasi WhatsApp Business
2. Jika sudah, buka aplikasi WhatsApp Business
3. Kemudian Tinjau Ketentuan Layanan, klik saja ok
4. Lalu daftar dan masukkan nomor HP anda
5. Tunggu beberapa saat hingga kode verifikasi masuk ke nomor hp anda
6. Lalu Izinkan akses ke kontak dan foto jika diminta

Cara Membuat Bot di Whatsapp  Dengan Gratis dan Mudah

7. Lalu Buat profil bisnis Anda dengan klik Jelajahi > Profil bisnis. Di sini, Anda dapat menambahkan informasi bisnis penting seperti alamat, deskripsi, jam kerja, dan lainnya.
Cara Membuat Bot di Whatsapp  Dengan Gratis dan Mudah

9. Mengatur Menu Balasan Pesan Otomatis dengan cara Klik Settings > Business Settings > pilih opsi Away Message/Greeting Message/Quick Replies.

Cara Membuat Bot di Whatsapp  Dengan Gratis dan Mudah

10. Cara membuat katalog WhatsApp Bisnis yakni buka menu Setting > Business Setting > Catalog>Add new item>Add images>Unggah foto>Isi Deskripsi produk

Cara Membuat Bot di Whatsapp  Dengan Gratis dan Mudah

11. Selesai

Bagaimana cukup mudah bukan cara membuat bot di Whatsapp? Tentunya Cara Membuat Bot Whatsapp Auto Reply ini semuanya mempermudah pekerjaan kita dalam melayani konsumen.

Cara Membuat Bot Whatsapp Tanpa Aplikasi

Lalu bagaimana dengan Cara Membuat Bot Whatsapp Tanpa Aplikasi? sebenarnya cukup dengan mudah dan pastinya tanpa harus mendownload aplikasi pihak ketiga.

Baca Juga: 
Cara Membuat Bot Whatsapp Tanpa Aplikasi ini kita hanya menggunakan aplikasi yang sudah ada misalnya Aplikasi WhatsApp Business. Untuk instalasi dan settingan Aplikasi WhatsApp Business sama seperti yang diatas. 

Cara Setting Whatsapp Bot Salam Pembukaan (auto reply WhatsApp bot)

Singkatnya, disini mimin mau share Bagaimana cara auto reply WhatsApp? untuk itu berikut adalah Cara Membuat Bot Whatsapp Auto Reply dengan mudah:
  • Pertama silahkan klik tombol ikon (+) 
  • Lalu anda pilihlah semua
  • Pada Bagian balas pesan, silahkan isi pesan pembuka sesuai kebutuhan anda
  • Lalu, silahkan anda klik ikon centang pada bagian bawah
  • Selesai
Catatan: Untuk Setting cara auto reply WhatsApp bot, kamu bisa menggunakan kalimat misalnya, "Halo, adakah yang bisa kami bantu? atau Silahkan order produk terbaik kami" dll. Itu adalah hanya sebatas contoh auto reply WhatsApp bot, kamu bebas membuatnya sesuai dengan kebutuhan bisnis anda.
Bot whatsapp bakal replay pesan masuk berulang kali. Agar mudah untuk membalas chat dan responsive dan pengirim tak lagi mengirim pesan berulang-ulang maka bisa menggunakan auto reply whatsapp dengan cara sebagai berikut:
  • Pertama silahkan klik tombol ikon (+) warna hijau tepat di pojok kanan
  • Lalu pilih kemiripan di bagian received mail
  • Lalu kalian isi tanda bintang (*)
  • Lalu dibagian balas pesan silahkan isi pesan sesuai kebutuhan anda
  • Selesai
Catatan: Untuk Setting cara auto reply WhatsApp bot, kamu bisa menggunakan kalimat misalnya, "Saya sedang mengendari motor. Itu adalah hanya sebatas contoh auto reply WhatsApp bot, kamu bebas membuatnya sesuai dengan kebutuhan bisnis anda.

Cara Membuat Whatsapp Bot Membalas Pesan Dalam Keadaan Tertentu

Jika kamu mendapati chat dari orang lain, misalnya PING atau TEST, kamu dapat menggunakan cara seperti dibawah ini guna memanfaatkan  chatbot whatsapp
  • Pertama silahkan klik tombol ikon (+) warna hijau tepat di pojok kanan
  • Lalu anda Pilih pencocokan pola pada bagian balas pesan. 
  • Lalu gunakan saja lingkaran dengan tombol "i"  kanan teks pencocokan pola untuk memberikan pencocokan pola yang disediakan
  • kalau kamu mau membalas pesan yang mengatakan PING secara otomatis, dan anda tidak tahu erapa banyak huruf l, maka gunakan rumus PI + NG
  • Selesai, pastikan teruslah mencobanya.

Cara Optimasi Penggunaan WhatsApp Bot untuk Bisnis Anda

Tentunya dengan tujuan dan fungsi yang dimiliki oleh WhatsApp Bot mampu mendongkar bisnis anda secara efekti dan efesien. Akan tetapi perlu juga yang namanya optimasi Penggunaan WhatsApp Bot untuk meningkat bisnis anda. 

Berikut ini adalah tips dan trik dalam mengoptimalkan Penggunaan WhatsApp Bot untuk Bisnis Anda:

1. Memberi Penawaran Ke Konsumen

Biasanya konsumen setia akan mengontak bisnis untuk bertanya mengenai produk yang hendak ditanggapi automatis oleh bot. saat pembicaraan sudah berjalan, Anda dapat memakainya untuk menebarkan promosi atau katalog terbaru. Langkah satu ini cukup efisien dan irit ongkos.

2. Mengingati Konsumen dengan WhatsApp Bot Indonesia

Bot WhatsApp bisa digunakan untuk berpesan pengingat ke konsumen untuk meneruskan pembayaran atau tahapan yang lain yang terlambat. Anda dapat mengikutkan photo atau document pendukung yang dibutuhkan konsumen.

3. Menghimpun masukan konsumen

Konsumen condong malas untuk isi form masukan. Anda bisa manfaatkan bot untuk ajukan beberapa pertanyaan, seperti penilaian pada kualitas service atau masukan yang lain tanpa ribet. Umpan balik yang terkumpul akan membantu Anda dalam membuat taktik usaha.

4. Tingkatkan Keproduktifan

Potensi Bot memberi respon secara automatis, membuat agen CS bisa konsentrasi bekerja menuntaskan permasalahan yang lebih kompleks. Hal satu ini akan tingkatkan keproduktifan mereka.

Akhir Kata

Nah itu dia teman-teman digifycloud.com Cara Membuat Bot di Whatsapp dengan mudah dan simpel.  Kamu bisa memilih salah satu dari tutorial diatas seperti Cara Membuat Bot di Whatsapp Dengan Aplikasi ataupun Cara Membuat Bot di Whatsapp Tanpa Aplikasi.

Tentunya dengan mengetahui cara membuat bot WA ini akan memudahkan teman-teman dalam mengembangkan bisnisnya dan berharap semuanya berjalan dengan lancar hingga menuju kesuksesan. Sekian semoga bermanfaat, jangan lupa share untuk membantu perkembangan blog saya ini. 

Baca Juga: