Cara Membuat Bot Whatsapp Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga dengan Mudah

Cara membuat bot whatsapp tanpa aplikasi - Pada kesempatan kali ini, mimin mau berbagi tutorial cara buat bot wa tanpa aplikasi yang tentunya akan membantu proses bisnis kita berjalan dengan baik.

cara membuat bot di wa biasa tanpa aplikasi sebenarnya sangat mudah sederhana sekali bagi yang sudah mengetahuinya, namun ada banyak juga yang masih belum paham cara membuat bot wa tanpa aplikasi.

Apa itu Aplikasi WhatsApp?

Cara Membuat Bot Whatsapp Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga dengan Mudah

Dilansir dari situs whatsapp.com, pengertian dari WhatsApp adalah aplikasi gratis yang menyediakan layanan bertukar pesan dan panggilan yang sederhana, aman, dan reliabel serta tersedia pada berbagai telepon di seluruh dunia. Dan ya, nama WhatsApp adalah pelesetan dari frasa What's Up, yang artinya Apa Kabar.

Apa itu WhatsApp Bot?

Sebelum mengetahui cara membuat bot wa tanpa aplikasi, tentunya muncul dalam benak kita Apa itu WhatsApp Bot? singkatnya bahwasanya WhatsApp bot sebuah Bot di Whatsapp yang dibuat oleh user aplikasi WhatsApp yang bertujuan untuk membantu dalam hal meningkatkan customer experience dalam merespon pelanggan secara otomatis.

Bot WhatsApp adalah sebuah aplikasi yang hanya berproses di dalam WhatsApp itu sendiri. Para user Bot WhatsApp dapat melakukan interaksi dengan bot itu sendiri hanya dengan mengirimkan sebuah chat ataupun perintah, secara otomatis akan ada suatu interaksi sesuai data yang kita input dan sebaliknya Bot WhatsApp secara otomatis mengirimkan pesan ke user.

Baca Juga:

Apa Fungsi Bot WA?

Lalu apasih manfaat atau fungsi dari Bot WA itu sendiri jika seadainya tahu cara membuat bot wa tanpa aplikasi? chatbot pada WhatsApp ini merupakan sebuah program apk yang sangat berguna bagi pelaku bisnis untuk membantu menanggapi keluhan atau pertanyaan dari konsumen di WhatsApp.

Selain itu juga, dapat digunakan sebagai sarana marketing yang efektif dan efisien. Bagaimana anda tertarik untuk memiliki chatbot pada WhatsApp atau WhatsApp Bot ini? atau ingin tahu bagaimana caranya membuat chatbot WhatsApp? Simak terus ya artikel ini.

Apa Saja Fitur-Fitur yang Dimiliki WhatsApp Bot?

Sebelum masuk dalam tutorial Cara Membuat Bot di Whatsapp tanpa aplikasi, perlu diketahui juga beberapa fitur-fitur yang dimiliki WhatsApp Bot yang pastinya membantu kita dalam menjalankan bisnis dengan mudah dan gratis.

1. Multi Agent dan Device 

Akun WhatsApp Bot anda dapat diakses oleh banyak admin customer service anda dari berbagai perangkat/device yang pastinya akan memudahkan anda dalam melayani pelanggan dengan efektif dan efesien

2. WhatsApp Automation

WhatsApp Bot anda akan berjalan secara otomatis dalam hal menyimpan atau mendownload data kontak WhatsApp, Chatingan (percakapan), dan database lainnya yang pastinya bermanfaat untuk customer experience yang bagus.

3. Auto Reply

Fitur Auto Reply di WhatsApp Bot ini berfungsi untuk menjawab semua chat yang masuk sesuai dengan desain sebelumnya terhadap bisnis anda. Misalnya saja, salam ke konsumen, informasi harga produk, deskripsi produk, dan bahkan dalam proses transaksi sekalipun.

4. Blast

Fitur Blast di WhatsApp Bot ini sangat membantu pelaku bisnis dalam mengirimkan pesan massal yang tak terbatas sekaligus tanpa kita harus menyimpan kontak konsumen terlebih dahulu. Dengan demikian, bisnis produk dikenal secara luas dan pastinya banyak pelanggan juga.

5. Analytic Report

Fitur Analytic Report atau laporan analisis ini berfungsi untuk melihat interaksi bisnis kita, transaksi trend penjualan bahkan sampai dengan pencapaian kerja tim CS. Hal ini dapat kita manfaatkan untuk mengontrol, mengevaluasi untuk perubahan yang lebih baik kedepan.

6. Green Thick

green thick atau Centang hijau ini adalah sebuah ikon atau tanda akun WhatsApp Bot telah diverifikasi dan memiliki sebuah bisnis. Dengan demikian akan meningkatnya kepercayaan dan kredibilitas para pelanggan atau konsumen terhadap bisnis kita.

7. Rotator

Fungsi fitur Rotator ini adalah untuk membantu kita untuk forward pesan dari leads secara adil yang pastinya sesuai dengan kemampuan customer service. Hal ini bertujuan agar pelayanan terhadapa konsumen lebih efektif dan efesien.

8. Integrasi dengan CRM

Fitur WhatsApp Bot ini berfungsi untuk membantu pelaku bisnis dalam meningkatkan sekaligus mengembangkan pertumbuhan bisnis serta loyalitas kepada konsumen.

Cara Membuat Bot Whatsapp Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga dengan Mudah

Nah kita lanjut dalam proses Cara Membuat Bot Whatsapp Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga dengan Mudah yang pastinya kita akan menggunakan aplikasi WhatsApp Business dan AutoResponder WhatsApp.

Cara Buat Bot WA Tanpa Aplikasi sangat mudah sekali tinggal bagaimana teman-teman semua memahami dan mempelajarinay dengan baik dan teliti sehingga tutorial cara membuat bot di wa biasa tanpa aplikasi berjalan dengan baik dan benar.

1. Pertama silahkan anda donwload dan install aplikasi AutoResponder for WhatsApp di Android
2. Kemudian, silahkan anda buka aplikasi AutoResponder for WhatsApp tadi

Cara Membuat Bot di Whatsapp dengan Aplikasi AutoResponder WhatsApp digifycloud.com

3. Lalu, Aplikasi akan meminta Anda untuk memberikan akses Notifikasi. 
4. Silahkan klik Pengaturan Pemberitahuan, dan aktifkan AutoResponder for WhatsApp
5. Jika muncul pop up peringatan, klik saja OK

Cara Membuat Bot di Whatsapp dengan Aplikasi AutoResponder WhatsApp digifycloud.com

6. Kemudian, anda klik tombol ikon tambah (+)

Cara Membuat Bot di Whatsapp dengan Aplikasi AutoResponder WhatsApp digifycloud.com
7. Lalu di Receive Message masukan kalimat misalnya "Hi"
8. Kemudian di Reply Message masukan kalimat misalnya 'Hey There"
9. Jika sudah, silahkan simpan dengan mengklik Tombol Centang

Cara Membuat Bot di Whatsapp dengan Aplikasi AutoResponder WhatsApp digifycloud.com

10. Kemudian, akan secara otomatis akan berjalan sesuai dengan settingan yang kita buat
11. Selesai.

Bagaimana cukup mudah bukan cara membuat bot di Whatsapp? Tentunya Cara Membuat Bot Whatsapp Auto Reply ini semuanya mempermudah pekerjaan kita dalam melayani konsumen.

Cara Membuat Bot di Whatsapp dengan Aplikasi WhatsApp Business

setelah mengetahui Cara Membuat Bot di Whatsapp dengan Aplikasi AutoResponder WhatsApp, selanjutnya adalah Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis dengan aplikasi WhatsApp Business yang dapat kita gunakan sebagai chatbot untuk produk anda.

1. Silahkan anda donwload dan instal aplikasi WhatsApp Business
2. Jika sudah, buka aplikasi WhatsApp Business
3. Kemudian Tinjau Ketentuan Layanan, klik saja ok
4. Lalu daftar dan masukkan nomor HP anda
5. Tunggu beberapa saat hingga kode verifikasi masuk ke nomor hp anda
6. Lalu Izinkan akses ke kontak dan foto jika diminta

Cara Membuat Bot di Whatsapp  Dengan Gratis dan Mudah

7. Lalu Buat profil bisnis Anda dengan klik Jelajahi > Profil bisnis. Di sini, Anda dapat menambahkan informasi bisnis penting seperti alamat, deskripsi, jam kerja, dan lainnya.
Cara Membuat Bot di Whatsapp  Dengan Gratis dan Mudah

9. Mengatur Menu Balasan Pesan Otomatis dengan cara Klik Settings > Business Settings > pilih opsi Away Message/Greeting Message/Quick Replies.

Cara Membuat Bot di Whatsapp  Dengan Gratis dan Mudah

10. Cara membuat katalog WhatsApp Bisnis yakni buka menu Setting > Business Setting > Catalog>Add new item>Add images>Unggah foto>Isi Deskripsi produk

Cara Membuat Bot di Whatsapp  Dengan Gratis dan Mudah

11. Selesai

Bagaimana cukup mudah bukan cara membuat bot di Whatsapp? Tentunya Cara Membuat Bot Whatsapp Auto Reply ini semuanya mempermudah pekerjaan kita dalam melayani konsumen.

Akhir Kata

Nah itu dia teman-teman digifycloud.com cara membuat bot wa dengan mudah dan simpel.  Kamu bisa memilih salah satu dari tutorial diatas seperti Cara Membuat Bot di Whatsapp Dengan Aplikasi ataupun cara membuat bot wa tanpa aplikasi.

Tentunya dengan mengetahui cara membuat bot WA ini akan memudahkan teman-teman dalam mengembangkan bisnisnya dan berharap semuanya berjalan dengan lancar hingga menuju kesuksesan. Sekian semoga bermanfaat, jangan lupa share untuk membantu perkembangan blog saya ini. 

Baca Juga Artikel Lainnya: