Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mendapatkan API WhatsApp Business dan Cara Menggunakan API WhatsApp

Bagaimana cara mendapatkan API WhatsApp bisnis? -  Artikel kali ini adalah tutorial Cara Mendapatkan API WhatsApp Business dan cara menggunakan api whatsapp tersebut?

WhatsApp adalah layanan chating media sosial yang populer, dimana dengan aplikasi WhatsApp yang digunakan lebih dari sekedar mengirim pesan kepada teman, keluarga dan bahkan untuk rekan kerja Anda. 

Untuk bisnis skala menengah dan besar, API WhatsApp Business memampukan perusahaan untuk berkomunikasi dengan para pelanggan di seluruh dunia. Bisnis dapat terhubung dengan para pelanggan di WhatsApp dengan cara yang sederhana, aman, dan reliabel.

Apa itu API WhatsApp Bisnis?

Cara Mendapatkan API WhatsApp Business dan Cara Menggunakan API WhatsApp

Saat sebelum tahu cara pakai api whatsapp ataupun cara membuat api whatsapp sendiri, terlebih dahulu mengerti apa yang dimaksud dengan API WhatsApp Business itu? 

API WhatsApp ini dibuat untuk perusahaan menengah hingga besar. Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan WhatsApp Business dengan banyak pengguna , di beberapa perangkat, secara bersamaan. 

API perlu diintegrasikan ke dalam perangkat lunak bisnis sebelum Anda dapat menggunakannya.  WhatsApp API adalah antarmuka pemrograman aplikasi, yang berarti tidak memiliki antarmuka atau aplikasi ujung depan. 

Ini dirancang untuk perusahaan menengah hingga besar yang ingin menggunakan WhatsApp dengan banyak pengguna secara bersamaan. 

Bisnis besar lebih kompleks, dengan ratusan pesan masuk pada saat bersamaan yang perlu ditangani oleh perangkat lunak bisnis. API WhatsApp Business membantu menghubungkan perangkat lunak bisnis Anda, seperti chatbot, ke akun WhatsApp Anda.

Lalu bagaimana Cara Mendapatkan API WhatsApp Business? Jika ingin mendapatkan dan menggunakan API WhatsApp Business untuk pemasaran bisnis Anda?  Bermitralah dengan salah satu penyedia solusi bisnis global kami yang merupakan ahli perpesanan dalam bisnis perusahaan untuk komunikasi pelanggan.

Perbedaan antara Aplikasi WhatsApp Business dan WhatsApp Business API

Perbedaan antara Aplikasi WhatsApp Business dan WhatsApp Business API

Jika punya keinginan ingin membuat api whatsapp sendiri dan tahu cara pakai api whatsapp, sebaiknya pahami dulu apa perbedaan antara Aplikasi Bisnis Whatsapp dan API WhatsApp Business

Aplikasi WhatsApp Business

Orang sering keliru Aplikasi WhatsApp Business dengan API WhatsApp Business, mengira keduanya adalah satu dan merupakan hal yang sama, tetapi jawabannya jauh dari kebenaran. 

Aplikasi WhatsApp Business adalah aplikasi terpisah yang dapat diunduh dari Play Store atau App Store. Ini dirancang untuk usaha kecil yang hanya perlu menangani sejumlah pertanyaan pelanggan yang terbatas. 

Hanya satu pengguna di satu perangkat yang dapat menggunakan aplikasi WhatsApp Business, dan ini adalah solusi terbaik untuk usaha kecil dan besar yang tidak mendapatkan ratusan pertanyaan pelanggan dalam sehari.

API WhatsApp Business

API WhatsApp Business memiliki Application Programming Interface (API) yang dirancang untuk membantu bisnis mengatasi sejumlah besar permintaan dukungan pelanggan yang mereka dapatkan dalam sehari. 

Tim dukungan dapat menggunakan WhatsApp bersama saluran lain sehingga semua interaksi pelanggan berada di satu tempat dan tidak ada kehilangan data. 

Anda memerlukan API WhatsApp untuk menghubungkan Aplikasi WhatsApp Business ke perangkat lunak perusahaan Anda, yang dapat diperoleh dari mitra WhatsApp.

Mengapa mendapatkan API WhatsApp Business Harus melalui Mitra Bisnis?

Mengapa mendapatkan API WhatsApp Business Harus melalui Mitra Bisnis?

Anda tidak bisa mendapatkan API WhatsApp secara langsung, dan biasanya harus menggunakan pihak ketiga atau yang dikenal dengan mitra bisnis yang telah bekerja sama dengan WhatsApp. Mengapa WhatsApp melakukan ini?

1. Untuk Menghindari Spammer 

Saat terakhir dihitung, WhatsApp memiliki hampir 2 miliar pengguna di platformnya, dan dengan basis pengguna sebesar ini, WhatsApp tahu bahwa mereka harus berjuang keras melawan spammer. 

Untuk memiliki kontrol yang lebih besar atas perusahaan yang memiliki akses ke API-nya, WhatsApp memutuskan untuk memberikan akses hanya melalui mitra terpilih.

2. Kurang Intensif

Mengalihdayakan proses aplikasi API ke mitra berarti WhatsApp tidak perlu menyewa sumber daya tambahan untuk mengawasi proses ini, yang juga membantu mengurangi biaya.

3. Memanfaatkan Kekuatan Mitra

Mitra memiliki sumber daya yang akan membantu mereka memeriksa perusahaan mana yang diizinkan di platform WhatsApp. Banyak dari mitra ini juga merupakan penyedia SMS, yang berarti mereka memiliki akses ke klien bervolume tinggi.

Cara Mendapatkan WhatsApp API Bisnis

Cara Mendapatkan API WhatsApp Business dan Cara Menggunakan API WhatsApp

Jika anda saat ini adalah pelaku bisnis yang ingin bisa mendapatkan Whatsapp Business API untuk memudahkan pekerjaan anda. saya bisa bantu untuk anda bisa mendapatkan whatsapp business api. 

Karena saat ini dengan dukungan whatsapp business api akan mempermudah proses peningkatan revenue bagi perusahaan anda. Infokan saja kepada saya dan saya akan bantu anda untuk bisa mendapatkan whatsapp business api.

Saat sebelum Anda ketahui bagaimanakah caranya menggunakan WhatsApp API, Anda harus mempunyai WhatsApp API terlebih dahulu. Tetapi tidak seluruhnya bisnis bisa memperoleh WhatsApp API. 

WA API Indonesia cuman bisa didapat oleh bisnis yang sudah dipenuhi syarat yang terbuat oleh pihak WhatsApp. Berikut cara mendapatkan WA API:

1. Tentukan WhatsApp API Mitra di Indonesia

WA API tidak bisa didapat dengan mendownload aplikasi saja, tetapi harus lewat mitra sah WhatsApp. Pastikan Anda memutuskan mitra yang pas  untuk memperoleh service yang maksimal untuk usaha Anda.

2. Persiapkan Account WhatsApp Anda dan Lakukan Verifikasi

Bisnis yang ingin memperoleh WA API harus melalui proses-proses verifikasi data untuk menunjukkan jika usaha itu sudah memenuhi syarat yang sudah ditentukan. Data yang dibutuhkan ialah:
  • Nama perusahaan,
  • Web URL,
  • Industri,
  • Area operasional, dan
  • Facebook business manajer

3. Mengaktifkan Nomor WhatsApp yang Aktif

Sesudah proses registrasi sudah disepakati oleh WhatsApp, Anda perlu pilih sebuah nomor telephone yang hendak Anda pakai sebagai nomor bisnis anda. Nomor ini tidak bisa diganti kembali, jadi putuskan sebelum mendaftarkanya dengan baik.

Anda bisa lihat tanda contreng warna hijau saat WhatsApp API Anda sudah aktif. Nama usaha Anda otomatis akan ada pada monitor customer Anda meskipun mereka belum simpan contact Anda.

4. Perbaiki Profile WhatsApp Bisnis Anda

Melengkapi profile usaha Anda supaya customer yang tersambung dengan Anda bisa mengenali info sekitar usaha Anda saat sebelum mereka bertanya dengan pertanyaan selanjutnya. Anda bisa melaksanakan branding dan atur beberapa hal yang lain perlu customer lihat dalam usaha Anda, misalnya: jam operasional, daftar produk, dan lain-lain.

Cara Menggunakan API WhatsApp Bisnis

Cara Mendapatkan API WhatsApp Business dan Cara Menggunakan API WhatsApp

Bagaimanakah cara menggunakan api whatsapp? WhatsApp Business API ada dengan beragam fitur yang modern, misalkan fitur chatbot yang bisa membalas pesan konsumen secara automatis. Dengan fitur satu ini pasti memudahkan pekerjaan pegawai yang bekerja. 

Tetapi, WhatsApp API tidak dapat sekedar hanya didapat lewat pengunduhan gratis di Playstore, sobat harus mendaftarnya dengan manual melalui situs berikut agar  bisa menggunakan whatsapp business api di https://www.whatsapp.com/business/api

1 Pilih Mitra WhatsApp terbaik

Langkah awal, Anda harus bekerja bersama dengan mitra sah yang disiapkan oleh WhatsApp merupakan penyuplai jalan keluar usaha global. Mitra WhatsApp satu ini akan menolong usaha Anda berbicara dengan konsumen.

Saat menentukan mitra WhatsApp lihat dengan jeli harga yang dijajakan. Yakinkan untuk pilih mitra yang sediakan feature komplit sesuai keperluan Anda.

Daftar mitra sah WhatsApp dapat anda jumpai dalam directory yang disiapkan oleh Facebook di link berikut satu ini:

2 Login di Panel Mitra WhatsApp

Sesudah sukses membuat WhatsApp Business API, untuk dapat memakai beberapa fiturnya Anda harus login lebih dulu di panel mitra WhatsApp Anda. Di situ Anda akan disuruh untuk masukkan username dan sandi, selanjutnya click "Login".

Sesudah sukses login, Anda mulai dapat membalasnya dan mengamati pesan, dan lakukan beberapa setting dan manfaatkan beragam fitur yang disiapkan oleh mitra WhatsApp.

3 Atur Profile Business

Supaya penampilan WhatsApp API Anda makin memikat, Anda bisa juga menambah info berkaitan usaha Anda ke customer, seperti deskripsi usaha, daftar, alamat e-mail, website Anda, dan info yang lain ingin Anda tambah

Hal satu ini pasti mempermudah konsumen mengenal usaha Anda, sekalian merupakan promo produk Anda. Nah, settingan satu ini dapat Anda kerjakan di bagian "Profile Business".

4 Atur Jam Kerja dan Auto Reply

Selanjutnya pada menu setting, Anda bisa juga mulai memutuskan jam kerja operasional usaha Anda untuk membuat mekanisme kerja yang lebih efisien dan efektif. Anda bisa juga atur balasan automatis dan template pesan hingga tak perlu menuliskan secara berkali-kali.

Balasan automatis yang dikirim ke konsumen biasanya berbentuk pesan selamat datang dan pesan penutup. Pesan satu ini dapat dikirimkan kapan pun tanpa terbatasi waktu.

5 Atur Chat Assignment atau Yang menerima Chat

Pada WhatsApp API Anda bisa juga pilih settingan status online yang berada di atasnya sisi panel. Status satu ini berperan untuk menjalankan fitur Auto Agent Allocation atau Custom Agent Allocation

6 Gampang Mengatur Pengangkutan dan Ambil Pesan

Di WhatsApp API satu ini Anda pun bebas untuk ambil, mengirimi, atau membalasnya pesan yang masuk. Semua pesan yang masuk akan ada di menu inbox dan banyak notifikasinya juga baik lewat browser atau handphone. Anda perlu aktifkan fitur Allow Notification untuk memperlihatkannya.

Disamping itu, Anda pun bebas pilih chat room yang ingin dibaca atau dibalas. Anda bisa juga mengirim file berbentuk photo, video, atau file yang lain ke konsumen yang menanyakan. Selanjutnya jika tanya jawab dengan konsumen sudah usai, pesan dapat ditutup dengan memencet tombol Resolve dan automatis disimpan dalam menu Resolved.

7 Automatis Simpan Contact Customer

API WhatsApp memungkinkannya pemakainya untuk mengambil semua contact konsumen secara automatis hingga benar-benar mengirit waktu Anda. Sesudah sukses disimpan, Anda bisa mengenal info konsumen seperti nama, nomor telephone, dan statusnya.

Anda bisa juga melihat histori pembicaraan Anda dengan konsumen di bagian room history. Ada juga fitur Tags yang berbentuk tanda tagar pada pembicaraan yang memiliki fungsi untuk menyaring pembicaraan sesuai jenisnya.

Akhir Kata

Nah itu dia teman-teman cara mendapatkan API WhatsApp dengan mudah sekaligus juga cara menggunakan API WhatsApp yang bisa anda praktekan dirumah.

Semoga dengan tutorial cara menggunakan API WhatsApp ataupun  cara mendapatkan API WhatsApp dapat bermanfaat untuk kalian semua. 
Cindy
Cindy Berbagi Rejeki!!! Bantu DONASI