Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Fungsi, dan Kegunaan Fitur-fitur cPanel

cPanel sangat diperlukan untuk mengelola website. Adanya cPanel akan bermanfaat untuk melakukan berbagai pengaturan pada layanan hosting yang dipilih. Pada kesempatan ini kita akan mempelajari apa itu cPanel.

cPanel didapatkan dari layanan hosting untuk mempermudah user melakukan pengaturan. Jika bingung tempat jual hosting murah, Anda bisa menggunakan layanan dari Niagahoster. 

Apa itu cPanel 

Pengertian, Fungsi, dan Kegunaan Fitur-fitur cPanel

cPanel sendiri disebut juga dengan control panel. cPanel adalah panel kontrol untuk mengelola website dari hosting yang disesuaikan. Ada banyak layanannya yaitu meliputi manajemen file, domain, database, perangkat lunak, dan berbagai konfigurasi lainnya.
 
cPanel ini disediakan dari layanan hosting VPS (Virtual Private Server) dan dedicated server. Termasuk website dengan layanan VPS murah dari Niagahoster juga memiliki cPanel yang lengkap. 

Ada banyak aplikasi yang didukung oleh fitur ini. Aplikasi cPanel adalah PHP, Phyton, mySQL, apache, dsb. 

Fungsi cPanel 

Setelah mengetahui apa itu cPanel, saatnya memahami fungsinya. Secara umum, fungsi cPanel adalah untuk mempermudah pengaturan website yang ada di dalam hosting yang terpakai. 

Berikut fungsi lain dari cPanel adalah: 
  • Untuk mempermudah konfigurasi dari domain dan hosting. 
  • Menambahkan aplikasi tambahan yang diperlukan untuk website. 
  • Meningkatkan kinerja dari website. 
  • Dapat melakukan pengaturan keamanan lebih mudah. 
  • Konfigurasi modul PHP. 
  • Backup and restore.

Kegunaan cPanel 

Sedangkan kegunaan cPanel adalah sebagai berikut: 

1. Kelola File 

Cara menggunakan cPanel yaitu bisa dijadikan untuk mengelola file yang ada di website. Contohnya file Manager yang dapat digunakan untuk menghapus data atau cache website. 

2. Kelola Domain dan Metrik 

Adanya cPanel juga berfungsi untuk mengelola domain. Misalnya dengan menambahkan subdomain, add-on domain langsung dari cPanel. Di dalam cPanel ini juga bisa dilihat metrik mengenai statistik website mulai dari jumlah harian pengunjung, website error, dsb. 

3. Kelola Database dan Aplikasi

cPanel juga memberikan akses bagi user untuk mengelola database melalui berbagai fitur yang ada di dalamnya. Cara menggunakan cPanel untuk kelola data bisa pakai PHPMyAdmin atau MySQL Database. 
Ada juga pengaturan perangkat lunak dengan memakai Cloudflare, Phyton App, dsb. 

4. Kelola Email 

Untuk menjaga website berjalan dengan baik, manfaatkan cPanel untuk kelola email. Caranya adalah dengan mengaktifkan fitur Autoresponders untuk email. Bisa juga dengan menambahkan proteksi email dari malware dan spam. 
Cara menggunakan cPanel untuk hal tersebut yaitu menggunakan fitur SpamExperts. 

5. Kelola Keamanan 

Kelola keamanan adalah hal yang penting untuk membangun website. Anda perlu untuk membuat sertifikat SSL sampai dengan menghindari alamat IP yang membahayakan. Caranya adalah memanfaatkan menu Security yang ada di cPanel. 
Selain itu, Imunify360 agar bisa melindungi akun website Anda dari virus, malware, sampai hacker. 

6. Kelola Pengaturan Lanjutan dan Preferensi 

Di kolom menu Advance, Anda bisa mengelola website dengan LiteSpeedCache untuk mempercepat load website sehingga pengunjung lebih mudah mengaksesnya. 

Selanjutnya ada juga fitur Preference yang membuat user bisa mendapatkan preferensi tampilan, bahasa, sampai dengan tema yang diinginkan. Adanya cPanel akan berguna mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan situs. 

Dari cPanel pula, Anda bisa menginstal berbagai aplikasi seperti CMS (Content Management System) baik itu dari Wordpress, Joomla, dsb. 

Kesimpulan 

Demikian penjelasan lengkap tentang apa itu cPanel sampai berbagai kegunaannya. Untuk mendapatkan cPanel yang bisa mendukung website dengan baik dan meningkatkan kinerja website, Anda bisa memilih hosting dan VPS dari Niagahoster. 
Cindy
Cindy Hai Kak, Bantu Saya untuk Membangun dan Mengembangkan Blog ini dengan Cara DONASi DISINI