Cara Ngeprint dari HP dan Laptop ke Mesin Fotocopy, Simak Tutorialnya

Cara Ngeprint dari HP ke Mesin Fotocopy - Dalam postingan artikel kali ini kita akan membahas tentang Cara Print di Mesin Fotocopy melalui hp atau laptop / komputer. Kehadiran printer tidak pernah mengubah status mesin fotokopi sebagai alat untuk fotocopy dan ngeprint dokumen secara bersamaan. 

Cara ngeprint dari hp ke mesin fotocopy masih dianggap lebih baik daripada printer karena dapat mencetak dokumen dalam berbagai ukuran dan dalam jumlah yang banyak sekaligus. Mesin fotokopi, tidak seperti printer, dapat mencetak dan menggandakan dokumen hingga ukuran A3 atau lebih besar. 

Cara Print di Mesin Fotocopy

Gampang!! Cara Ngeprint dari HP dan Laptop ke Mesin Fotocopy

Kali ini, saya akan menunjukkan kepada kalian cara ngeprint dari HP atau laptop (komputer) ke mesin fotocopy. Jadi kita akan memanfaatkan jaringan wifi nirkabel dan kabel LAN untuk print menggunakan mesin fotocopy. 

Karena saat ini Hp android saat ini tidak hanya membantu dalam percakapan, tetapi juga dalam tugas-tugas lain seperti ngeprint file dari hp android. Apalagi saat ini mesin fotocopy bisa print dari hp.

Selain itu juga Laptop dapat kita manfaatkan untuk print file ke mesin fotocopy dengn mudah. Mengapa hp dapat kita gunakan pada mesin fotocopy? karena smartphone Android saat ini memiliki fungsi Canon Print Business, yang dapat langsung dihubungkan ke printer untuk memenuhi kebutuhan pencetakan dokumen. 

Persiapan Peralatan Print di Mesin Fotocopy

Sebelum kita mulai membahas cara print dengan mesin fotocopy dari hp dan komputer dan cara menggunakan mesin fotocopy sebagai printer, terlebih dahulu Anda harus menyediakan beberapa peralatan yang diperlukan saat sebelum digunakan. 

  1. Pertama dan terpenting, adalah mesin fotokopi. Anda dapat menggunakan mesin fotokopi seri Canon Image Runner, yang sebagian besar sudah menyertakan fungsi cetak. Jika Anda tidak memilikinya
  2. Kedua, Siapakan HP Android anda
  3. Ketiga, siapkan komputer atau laptop
  4. Keempat, jika ingin menghubungkan mesin fotokopi ke komputer/laptop, gunakan kabel LAN tipe Cross; jika tidak, gunakan tipe Straight jika Anda ingin menggunakan modem. Atau jika menggunakan HP Android maka aktifkan jaringan wifi anda
  5. Kelima, driver mesin fotokopi dapat menjamin bahwa fungsi cetak pada komputer/laptop dapat diakses. Pastikan keempat item ini tersedia sebelum memulai aktivitas pengaturan penyambungan mesin fotokopi ke komputer/laptop. 

Cara Ngeprint dari HP atau Laptop ke Mesin Fotocopy

Nah, sekarang kita masuk pada inti pembahasan yakni cara print di mesin fotocopy, dan yang harus Anda lakukan pada langkah ini agarngeprint dari hp dan komputer ke mesin fotocopy berhasil adalah dengan mengatur Alamat IP pada mesin fotokopi menggunakan pengaturan TCP/IP. Begini caranya:
  1. Pilih tombol dengan simbol bintang "*" (Fungsi Tambahan)
  2. Navigasikan ke menu Pengaturan Sistem.
  3. Pilih opsi Konfigurasi Jaringan.
  4. Lanjutkan dengan memilih Pengaturan TCP/IP.
Jika Anda telah menyelesaikan langkah ini dengan sukses, silakan isi pengaturan berikut:
  1. Subnet Mask: 255.255.255.0 
  2. Alamat IP mesin: 192.168.1.5 
  3. Alamat IP Gateway: 192.168.1.1
Setelah selesai, maka harus ditekan berkali-kali hingga menu pembuka mengatakan Ready to Copy. Kemudian, pada panel, tekan tombol On/Off. Tunggu beberapa detik sebelum mematikan daya.

1. Print dari Laptop/PC di Mesin Fotocopy

Nah,cara menggunakan mesin fotocopy sebagai printer, pada titik ini, yang tersisa hanyalah menghubungkan komputer/laptop ke mesin fotokopi melalui koneksi LAN. Cara ngeprint dari hp dan komputer ke mesin fotocopy adalah sebagai berikut:
  1. Pasang kabel LAN yang disediakan untuk menghubungkan PC ke mesin.
  2. Setelah Anda terhubung di kabel, nyalakan mesin fotokopi yang sebelumnya dimatikan.
  3. Lakukan tes perangkat untuk memastikan bahwa seluruh prosedur berhasil.
  4. Dengan menekan tombol Start, Anda dapat memverifikasi bahwa perangkat PC terhubung ke mesin fotokopi.
  5. Kemudian, di kotak Cari Program dan File, masukkan CMD dan tekan Enter.
  6. Setelah dimulai dengan frase ping, lanjutkan dengan memasukkan alamat IP mesin fotokopi. ping192.168.1.5 adalah contohnya.
  7. Jika pesan yang muncul adalah Balas dari 192.168.1.5, ini menunjukkan bahwa prosedur menghubungkan mesin fotokopi ke PC berhasil.
Baca Juga:

2. Print lewat HP Android di Mesin Fotocopy

cara ngeprint dari hp dan komputer ke mesin fotocopy ini, Anda tidak perlu menyalakan PC atau memperpanjang koneksi selama proses pencetakan dokumen, ini adalah cara yang sangat mudah dan menghemat waktu.


Masih banyak lagi aplikasi yang bisa dimanfaatkan selain Cloud Print. Aplikasi Canon Print Business adalah salah satunya. Beginilah cara ngeprint dari hp ke mesin fotocopy dengan mudah dan praktis:

  1. Untuk memulai, Anda harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store.
  2. Harap aktifkan kemampuan wifi di ponsel Android Anda, lalu sambungkan ke jaringan wifi terkait.
  3. Opsi Select Printer kemudian akan ditampilkan; pilih WiFi Terdekat.
  4. Setelah itu, akan muncul pesan User Action Required; pilih saja Use Generic, lalu Yes untuk mendownload Driver. Nantikan pemberitahuan Selamat! Printer Anda telah disiapkan dan siap digunakan. Kemudian klik Lewati.
  5. Kembali ke menu utama aplikasi Canon Print Business. Kemudian Anda memilih Dokumen, diikuti oleh Memori Perangkat atau bahkan Kartu SD ini, tergantung di mana Anda menyimpan file yang ingin Anda cetak. Baru setelah itu Anda memilih file dokumen yang akan dicetak.
  6. Setelah Anda memilih file dokumen, Anda akan dibawa ke popup yang meminta Anda untuk mengunduh pratinjau file yang ingin Anda cetak sebelumnya. Cukup klik Yes dan tunggu sampai prosedur download file preview selesai.
  7. Atur ukuran kertas dan variabel lainnya dengan mengklik Opsi. Cukup ikuti pilihan atau pengaturan.
  8. Jika semuanya tampak beres, pilih opsi Cetak langsung. Kemudian, pilih berapa lembar yang akan dicetak. Proses pencetakan pun dimulai, dan Anda tinggal menunggu hingga selesai.

Akhir Kata 

Ini adalah cara yang sangat sederhana dan mudah, cara print file dari HP android menggunakan koneksi WiFi di mesin fotocopy dan cara ngeprint file di mesin fotocopy melalui laptop dan PC ini untuk memenuhi kebutuhan pencetakan dokumen Anda yang jauh lebih sederhana dan efisien, serta mudah diterapkan.

Jika Anda sudah sampai pada langkah terakhir, itu menandakan bahwa Anda telah menyelesaikan semua proses pencetakan mesin fotokopi. Sekarang setelah perangkat Anda terhubung, Anda dapat mencetak dokumen langsung dari perangkat tersebut. 

Periksa apakah kabel antara mesin fotokopi dan komputer terhubung, dan saat mencetak dokumen, pilih nama mesin fotokopi Anda dan tekan Cetak seperti biasa. Sekian pembahasan cara menggunakan mesin fotocopy sebagai printerSemoga bermanfaat