Cara Mengatasi Printer Pending Tidak Mau Mencetak Saat Ngeprint, Begini Lho Caranya!

Cara Mengatasi Printer Pending Tidak Mau Mencetak Saat Print - Pada postingan kali ini, mimin akan membahas bagaimana Cara Mengatasi Printer Pending Tidak Mau Mencetak. Sering kali kita menemukan pesan pending ketika mau ngeprint, dan hal yang menyebalkan.

Tentunya cara mengatasi printer pending adalah hal yang harus kita ketahui agar kedepannya tidak membuat kita bingung mengatasi hal tersebut. Apalagi kalau sedang buru-buru, namun berkendala dengan masalah printer pending atau tidak merespon.

Cara Mengatasi Printer Pending Tidak Mau Mencetak

Cara Mengatasi Printer Pending Tidak Mau Mencetak Saat Ngeprint

Lalu bagaimana cara mengatasi printer pending tidak mau mencetak? bagaimana cara memperbaiki printer tidak bisa mencetak / printer pending? Nah disini kita akan membahasnya secara lengkap.

Yang dimaksud dengan printer pending atau tidak mau mencetak saat ngeprint adalah masalah yang apling sering kita temukan. Pending sendiri merupakan sebuah printer yang tidak merespon file atau dokumen yang bakal di print out.

Alhasilnya pencetakan tersebut batal atau tertunda. Biasanya akan tampil pada layar laptop/komputer dan pada printer dengan status error. Nah biasanya masalah seperti ini tampil pada sistem operasi Windows seperti Windows XP, Windows 7, 8, dan Windows 10. 

Walaupun demikian masalah printer pending tidak mau mencetak mudah diatasi dengan cara membatalkan dokumen yang dicetak dan mencetaknya kembali, dan tentunya masalah ini tidak selalu hilang.

Penyebabnya Printer Pending Tidak Mau Mencetak Saat Ngeprint?

Mengenai printer pending tidak mau mencetak saat ngeprint ada berbagai faktor yang menyebabkan hal demikian. Akan tetapi hal yang harus dipastikan bahwasanya tidak ada perangkat keras yang rusak pada printer tersebut.

Masalah printer pending tidak mau mencetak saat ngeprint, pada dasarnya tidak hanya disebabkan oleh adanya sebuah kerusakan perangkat keras pada printer.

Untuk itu, cara mengatasi printer pending tidak mau mencetak dapat menggunakan beberapa cara dibawah ini nantinya tanpa haru membawanya ke tukang service printer. 

Cara Mengatasi Printer Pending Tidak Mau Mencetak

Cara mengatasi printer pending tidak mau mencetak saat ngeprint adalah hal yang cukup simpel sebenarnya. Jika teman-teman digifycloud.com sedang mencari solusi terhadap hal tersebut, berikut ini tutorialnya untuk anda.

1. Silahkan Restart Ulang Printer Anda

Cara pertama dalam mengatasi printer pending tidak mau mencetak saat ngeprint yakni dengan merestart ulang printer anda. Artinya bahwa dengan merestart berarti mematikan dan menghidupkan kembali dalam hitungan beberapa menit. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
  • Tekan tombol "Power" untuk mematikan printer.
  • Cabut kabel USB dari laptop atau PC.
  • Mohon tunggu sebentar.
  • Hubungkan kabel USB ke laptop atau PC sekali lagi.
  • Untuk menghidupkan printer, tekan tombol "Power" kembali.
  • Silahkan Coba print sesuatu. (Jika berhasil maka selamat Cara Mengatasi Printer Pending Tidak Mau Mencetak telah selesai).
Mematikan dan menghidupkan printer tentunya juga bisa membatalkan (cancel) antrian percetakan (queue print) pada printer. Akan tetapi, jika seandainya printer kamu tidak support, maka harus menghapus antrian (queue print) secara manual. 

2. Menghapus Queue Printer

Queue Printer artinya adalah antrian printer yang muncul ketika Anda mencetak lebih dari satu dokumen. Perintah ini sangat membantu untuk menyortir dokumen dan halaman yang dicetak ke dalam urutan berurutan berdasarkan perintah cetak.

Karena masalah dan kesalahan, Queue Printer ini terkadang menjadi macet dan proses print file tidak berjalan, sehingga pending pada halaman berikutnya yang akan dicetak. 
Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan menghapus salah satu file yang akan dicetak proses pending dapat terselesaikan. Ini dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Klik kanan pada ikon printer kecil di taskbar yang terletak di bawah simbol printer
  • Pilih ikon printer lalu Klik kanan dan cancel
  • Lanjutkan dengan mulai mencetak ulang dokumen yang bermasalah tadi.
Bagaimana cukup mudah bukan cara mengatasi printer pending tidak mau mencetak saat ngeprint dengan teknik menghapus antrian (queue print).

3. Merestart Ulang Komputer atau Laptop

Kemudian metode lain cara mengatasi printer pending tidak mau mencetak saat ngeprint ialah dengan cara merestart ulang laptop/komputer anda. Tujuannya adalah agar semua program dihentikan dan biasanya hal ini cukup berhasil.

Printer pada umumnya akan dapat digunakan kembali tanpa masalah atau pending setelah restart. Namun, ini tidak dapat menjadi patokan utama, cara ini tidak selalu berhasil, dan printer tetap pending saat digunakan.

4. Mencobanya di Perangkat Lain

Jika printer masih tidak membalas perintah print, tidak dapat mencetak semua halaman, dan akhirnya hanya dapat mencetak selembar saja, mungkin ada masalah pada sistem di laptop atau PC Anda.

Anda dapat mencoba menghubungkan printer ke laptop atau PC lain untuk memastikannya. Coba cetak dokumen dari perangkat lain (PC, komputer, atau laptop). Biasanya cara mengatasi printer pending tidak mau mencetak saat ngeprint terbilang berhasil.

5. Cara Mengatasi Spooler Printer

Print spooler sendiri adalah file exe (executable) yang menangani proses mencetak. Penanganan proses mencetak meliputi penentuan lokasi driver printer yang tepat, pemuatan driver printer, penjadwalan pekerjaan cetak dan lain sebagainya.

Anda dapat memperbaiki printer yang pending menggunakan Print Spooler pada laptop atau PC. Print spooler adalah layanan (Service) pada sistem operasi Windows yang berfungsi menangani pengoperasian printer. 

Anda dapat mengembalikan status pending printer ke normal dengan menggunakan layanan Print Spooler. Print Spooler dapat digunakan untuk mengatasi printer yang pending. Untuk mengatasi masalah kesalahan pending printer saat mencetak, ikuti petunjuk ini.
  • Buka jendela RUN dengan cara Tekan tombol Windows dan tombol R secara bersamaan
  • Kemudian Ketik "services.msc" ke dalam kotak pencarian
  • Jangan lupa Klik tombol "OK" atau “ENTER”
  • Silahkan Tunggu hingga menu "Services" muncul atau terbuka
  • Lalu silahkan anda Cari "Print Spooler"
  • Klik kanan pada "Print Spooler" 
  • Lalu anda Pilih "Stop”
  • Silahkan agan meminimize jendela “Services”
  • Buka jendela baru di Explorer dengan cara Tekan tombol Windows + E
  • Silahkan agan buka "C:WindowsSystem32spoolPRINTERS."
  • Penting, kalian harus Hapus semua file yang ada didalamnya itu
  • Kemudian anda Buka kembali  jendela “Services”.
  • Lalu anda Klik kanan pada “Print Spooler”.
  • Terakhir seilahkan kalian Pilih “Start”, dan
  • Selesai.
File di C:WindowsSystem32spoolPRINTERS adalah file yang menyebabkan error printer pending. Dengan kita sudah menghapus seluruh file yang ada didalam folder “spoolPRINTERS” tersebut maka masalah printer pending dapat teratasi.

Akhir Kata

Nah itu dia gan cara mengatasi printer pending tidak mau mencetak saat Ngeprint yang dapat kalian coba saat ini. Cara ini mungkin dapat membantu temen-temen semua yang sedang mengalami masalah eror pada printer.

Metode seperti berlaku laptop, PC, dan komputer yang menjalankan Windows 7, Windows 8, atau Windows 10 dan untuk semua printer baik itu Epson, HP, Canon, Brother dan printer lainnya. Sekian dan Terimakasih, semoga bermanfaat.