Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Kode Barcode yang Bisa di Scan

DigifyCloud.com - Hai ketemu lagi dengan mimin yang kemarin membahas bagaimana cara membuat barcode sendiri, caranya cukup simpel, dan bisa langsung dicoba. Namun, dalam posting ini kita akan membahas masih seputar Barcode yakni cara membuat barcode yang bisa di scan.

Di bawah ini mimin akan mengshare tutorial cara membuat barcode sehingga dapat di scan sendiri dengan sangat cepat. Tentunya Anda juga sadar dengan keberadaan barcode, kan, karena setiap kali membeli di supermarket pasti Anda akan melihat pelayan yang sedang memindai barcode barang dagangan tersebut.

Dengan sebuah gadget bernama scanner yang digunakan untuk memindai barcode dengan bantuan sinar laser, pramusaji cukup mengetahui harga barang tersebut.

Pengertian Barcode

Cara Membuat Kode Barcode yang Bisa di Scan

Barcode adalah teknik pengkodean yang relatif simpel namun sangat membantu. Ketika dikaitkan dengan aplikasi Penjualan, barcode berfungsi sebagai penyimpan kode, nama barang, harga, jenis dan lain sebagainya.

Barcode sendiri adalah sebuah frase yang menunjukkan kumpulan data optik yang dapat dibaca oleh kemampuan mesin. Dalam barcode, kita akan melihat kumpulan data yang dilambangkan dengan spasi garis sejajar dengan lebar garis.

Nama lain untuk barcode ialah kode batang, simbologi satu dimensi atau linier. Barcode itu sendiri terdapat kode matriks atau simbologi dua dimensi.

Meskipun kebanyakan barcode berbentuk garis, namun ada juga barcode lain dengan bentuk persegi, heksagon, titik hingga barcode geometris dan masih banyak lagi.Penasaran cara membuat barcode agar bisa di scan? Yuk simak terus....

Scanning Lewat Smartphone dengan Praktis & Mudah

USB Barcode Scanner

USB Barcode Scanner ini dapat mengubah smartphone Anda menjadi scanner barcode yang canggih. Mudah digunakan, tidak perlu banyak instalasi. Kompatibel dengan sistem operasi berbasis Android dan Windows OS Platform.

Pemindai kode batang ini adalah teknologi baru yang memudahkan Anda membaca berbagai jenis kode kode batang. 

Dapat mengubah ponsel cerdas Anda sebagai scanner kode batang yang canggih, sehingga membantu Anda di tempat kerja atau karena berbagai alasan. Penggunaannya juga sama mudahnya, tidak perlu banyak instalasi.

USB Barcode Scanner Accessory 

Dengan memanfaatkan barcode accessory atau adaptor kode batang ini, Anda dapat mengubah ponsel android Anda menjadi scanner yang portable. Cara menggunakannya sangat mudah karena pemindai smartphone ini berbentuk USB yang bisa langsung disambungkan ke hp android Anda. Sangat efektif digunakan karena fungsinya tidak memerlukan kabel.

High Precision Laser

Barcode scanner  ini memiliki laser yang pencahayaannya cukup kuat dan detail. Bentuk cahaya yang dihasilkan tidak lebar namun tajam, sehingga Anda dapat lebih berkonsentrasi menembakkan laser pada barcode scanner ini.

Kompatibilitas

Untuk penggunaannya, USB barcode scanner ini dapat digunakan pada sistem operasi berbasis Android dan OS Windows Platform.

Cara membuat barcode yang bisa di scan

Untuk membuat kode barcode yang bisa di scan ada berbagai macam hal yang harus anda lakukan, berikut tata cara membuat barcode yang bisa di scan sebagai berikut :

1. Cara Membuat Barcode agar bisa di Scan melalui Android

Instal Aplikasi Barcode Generator

Langkah pertama Untuk cara membuat barcode melalui android tentunya harus memiliki aplikasi Barcode Generator. Ada ribuan aplikasi dan software pembuat kode batang yang dapat Anda gunakan, dan di sini digifycloud akan mencoba memanfaatkan aplikasi Barcode Generator. Anda dapat memperoleh aplikasi ini di Google Play Store.

Barcode Generator dipilih karena aplikasi ini mendapatkan peringkat tertinggi di Google Play Store. Juga karena aplikasi ini juga memiliki ukuran yang cukup kecil.  Sehingga dianggap tidak membebani gadget yang Anda gunakan. Selain itu, aplikasi ini juga user friendly yang relatif sederhana sehingga mudah dipahami.

Menjalankan Aplikasi Barcode Generator.

Jika Anda telah menginstal aplikasi Barcode Generator, maka Anda dapat langsung membuka aplikasi tersebut. Silahkan kalian memilih atau menekan simbol Plus (+) di lingkaran merah. Lanjutkan dengan memilih TAMBAHKAN KODE (ADD CODE).

Memilih Jenis Barcode

Di sini Anda akan disuguhi banyak pilihan jenis barcode yang cukup banyak dalam aplikasi Barcode Generator ini. Mulai dari QR Code, Aztec Code, Code39, Codabar, DataMatrix dan lain sebagainya. Kemudian isi data informasi yang ingin Anda masukkan ke dalam barcode yang telah Anda buat.

Gambar Barcode Siap Disimpan

Jika Anda telah memasukkan data informasi yang ingin Anda tampilkan di barcode, Anda dapat menyimpan gambar barcode yang Anda buat ini. Anda dapat menyimpannya dalam berbagai bentuk jpg hingga png.

Selain menyimpannya di hp adroid Anda, Anda juga dapat langsung membagikan barcode yang telah Anda buat menggunakan tombol berbagi dan mempostingnya di media sosial seperti Facebook, WhatsApp, Line dan lain-lain.

2. Cara Membuat Barcode yang bisa di Scan di Pc/Laptop

Tidak hanya melalui Android, anda juga bisa membuat barcode melalui PC atau laptop dengan cara yang mudah seperti cara membuat barcode dengan aplikasi Barcode Generator di Android.

Disini anda juga bisa membuat jenis barcode lainnya seperti Code 39, QR Code hingga Code 128 dan masih banyak lagi. Jika dalam cara membuat barcode kita membutuhkan bantuan aplikasi seperti Barcode Generator. Tapi di sini kita dapat memanfaatkan situs layanan pembuatan barcode online. 

Ada banyak situs layanan pembuatan barcode online yang dapat Anda manfaatkan. Di sini kita akan memanfaatkan barcode-generator.org yang cukup sering digunakan dan mudah digunakan untuk membuat barcode Anda sendiri.

Berikut cara generate barcode melalui PC/Laptop:
  1. Langkah pertama kunjungi www.barcode-generator.org menggunakan browser di PC atau laptop.
  2. Lanjutkan dengan memilih jenis barcode yang ingin Anda buat pada menu Create Free.
  3. Kemudian masukkan data yang Anda butuhkan untuk membuat barcode sesuai dengan permintaan Anda.
  4.  Langkah terakhir klik tombol Create QR Code.
  5. Selesai, maka barcode anda sudah siap dan bisa langsung digunakan.
  6. Download barcode yang telah Anda buat sebelumnya dalam berbagai format yang telah ditawarkan mulai dari JPG, EPS hingga SVG.

Akhir Kata

Ternyata cukup mudah kan, cara membuat barcode yang bisa di scan baik dengan menggunakan Android maupun melalui PC dan Laptop. Yang paling penting adalah mengikuti setiap langkah yang telah mimin bagikan di atas sehingga Anda dapat membuat barcode sesuai dengan selera Anda.

Sekian ulasan DigifyCloud.com kali ini tentang bagaimana cara membuat barcode agar dapat di scan dengan mudah baik melalui Android maupun melalui PC. Semoga bermanfaat, sampai jumpa...
Cindy
Cindy Suka Gabut, Content Writer, Suka Membaca, Suka-Sukalah Semuanya. Kalau mau beliin saya CILOK, bisa banget ya kak disini Traktir Cindy