Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Membuat Barcode Sendiri di Android, Iphone, PC/Laptop dan Online

Cara Membuat Barcode Sendiri di Android. Anda ingin tahu cara membuat Barcode? Anda pasti sering menemukannya pada kemasan barang di pasaran? Tentunya muncul sebuah pertanyaan dalam benak kita, bagaimana cara membuat barcode sendiri gratis seperti ini?

Apakah barcode ini perlu keahlian IT untuk membuatnya? Lantas bagaimana cara membuat barcode sendiri gratis sedangkan tidak memiliki basic pengetahuan tentang IT. Tenang saja, DigifyCloud akan membagikannya kepada kalian bagaimana cara membuat barcode sendiri secara gratis, bisa online maupun aplikasi atau software.

Cara Membuat Barcode Sendiri Gratis di Android, Iphone, PC/Laptop dan Online

Cara membuat barcode sendiri secara gratis merupakan penemuan yang luar biasa, karena selain mengurangi waktu pemeriksaan, juga dapat menghilangkan kesalahan penghitungan. Jadi jangan heran lagi, jika alat ini sangat umum kita jumpai di supermarket-supermarket di lingkungan kita.

Selain untuk proses penjualan yang sebenarnya, cara membuat barcode produk sendiri (cara membuat barcode link) juga dapat digunakan untuk alasan lain, antara lain misalnya untuk kartu identitas perpustakaan, untuk kode buku di perpustakaan, kartu pelajar/mahasiswa dapat dilengkapi dengan barcode, dokumen penting, tiket kereta api dan banyak lainnya.

Bagaimana Cara Membuat Barcode?

Tetapi pertama-tama Anda perlu tahu apa itu barcode sebelum tahu cara membuat barcode sendiri secara gratis. Pengertian Barcode sendiri merupakan sebuah pola geometris yang seringkali berbentuk vertikal. Peran barcode ini terutama untuk memindai dan melacak objek atau properti. 

Namun seiring berkembangnya teknologi, masyarakat umum dapat dengan mudah menghasilkan membuat scan barcode/kode batang sendiri. Berikut cara membuat barcode sendiri gratis menggunakan laptop dan smartphone yang mungkin bisa Anda coba!

Apa Pengertian dari Barcode?

Sebelum kita ke penjelasan cara membuat barcode scanner sendiri, pahami dulu definisi atau maksud dari barcode. Barcode dikenal sebagai sebuah kode batang, kode palang, dan kode bar, dimana pola ini merupakan data optik yang berbentuk garis horizontal.

Data optik ini membantu untuk membaca atau mengidentifikasi satu jenis barang, membuat penyortiran menjadi lebih sederhana. Sistem pengumpulan data yang menggunakan kode baris ini awalnya diciptakan oleh Wallance Flint dalam tesisnya pada tahun 1930-an.

Kemudian realisasinya terjadi kira-kira dua dekade kemudian oleh dua orang mahasiswa Institut Teknologi Drexel. Nah, sebelum digunakan untuk mendata barang yang ada di pasaran, pola ini membantu melacak kereta api lho. 

Tapi hari ini, Anda bisa melihat barcode pada setiap produk di toko. Sebelum memulai pembahasan tentang cara membuat barcode produk sendiri (cara buat barcode harga barang), penting untuk membedakan jenis dan macam barcode.

Fungsi dan Kegunaan serta Manfaat Barcode

Tujuan dan fungsi paling signifikan dari barcode adalah untuk menyimpan semua informasi yang terkait dengan suatu produk atau berbagai komoditas yang telah diberi label barcode. Umumnya, barcode akan menyimpan semua informasi mengenai tanggal kedaluwarsa produk, kode manufaktur, dan juga nomor identifikasi produk.
Barcode sendiri dapat digunakan dalam berbagai macam sesuai kebutuhan, misalnya saja barcode alamat rumah, barcode alamat di undangan, barcode alamat web, barcode buku perpustakaan, barcode biodata, barcode denah lokasi, barcode faktur pajak, barcode untuk file, barcode google maps, barcode harga, barcode spotify di hp, barcode instagram, barcode facebook, barcode id card, barcode issn, barcode jualan dan untuk fungsi barcode lainnya.

Berbagai Jenis dan Macam Barcode

Perlu diketahui juga, sebelum masuk dalam pembahasan cara membuat scan barcode sendiri, bahwasanya Barcode/Kode Batang sebenarnya ada berbagai jenis dan macam, Nah untuk sedikit penjelasannya sebagai berikut.

A. Barcode untuk Kebutuhan Produksi dan Ritel

Barcode ini biasanya untuk Keperluan Produksi dan Ritel. Ada dua macam barcode yang digunakan untuk keperluan manufaktur dan retail, yaitu: Universal Product Code atau Kode Produk Universal dan International Standard Book Number atau ISBN. 

Umumnya, Anda akan menemukan kode ISBN atau UPC di atas kode batang. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pelanggan mengidentifikasi dan mengecek kode. Inilah nantinya yang akan kita bahas cara membuat barcode produk sendiri. 

B. Barcode Batang untuk Kebutuhan Farmasi

Barcode ini mungkin belum dikenal secara umum oleh masyarakat. Untuk fungsi dan tujuan farmasi, terutama untuk mengidentifikasi obat, digunakan kode terpisah yang berbeda dari ritel. Jenis ini dikenal jenis sebagai Health Industry Bar Code atau HIBC dan ditandai dengan simbol '+' di awal kode 24 karakter.

C. Barcode untuk Kebutuhan Non-Ritel

Terakhir, ada barcode untuk kebutuhan non-ritel. Mulai dari inventaris barang-barang pribadi, buku-buku di perpustakaan, hingga kartu anggota. Jenis atau macam barcode yang digunakan untuk keperluan ini adalah Kode 39 atau Kode 128. 

Perbedaan antara keduanya hanya terletak pada kerapatan data/baris yang dimiliki, dimana Kode 128 lebih rapat dari Kode 39.

2. QR Code

QR Code atau Matrix Barcode adalah semacam perkembangan barcode dari satu dimensi ke dua dimensi. Kode QR adalah semacam kode matriks atau barcode dua dimensi dengan kemampuan utama yang mudah dibaca dan untuk mengirim informasi dengan cepat dan mendapatkan respon yang cepat.

Apa Perbedaan Barcode dengan QR Code?

Jika Anda menganggap barcode sama dengan QR Code, sebenarnya ini mungkin salah tetapi bisa juga benar.  QR Code dapat Anda artikan sebagai  generasi perubahan dari Barcode. Tepatnya, Barcode merupakan yang lebih modern dan terkini untuk memuat data optik.

Mengapa demikian karena kode QR Code (Kode QR) adalah kode sistem pindaian dua dimensi. Kode desain seolah-olah menghasilkan garis horizontal dan vertikal dengan jarak tertentu.

Persamaan keduanya berfungsi untuk keperluan mulai dari retail, industrial, packaging, advertising, banking, dan lain-lain. Nah, kali ini kita hanya akan berfokus pada cara membuat barcode scanner barang sendiri.

Bagaimana Sistem Barcode Bekerja?

Sabar sebelum mengetahui cara membuat barcode scanner sendiri, kita harus mengenali Sistem kerja dari Barcode. Mekanisme fungsi Barcode cukup mendasar. Jadi, barcode tercetak pada stiker atau pada kemasan suatu barang. 

Kemudian kode tersebut akan dibaca menggunakan barcode reader yang membantu menginterpretasikan kode barcode ini menjadi data atau informasi yang dapat digunakan.


Namun, pembaca kode batang tidak akan beroperasi secara efektif jika ada item yang mengganggu pemindaian kode kode batang, seperti goresan, kode warna terhapus sebagian, atau saat pemindai ditembakkan posisinya tidak tengah/miring.

Pembacaan tanpa cacat pada mesin Pembaca Kode Batang (barcode reader) umumnya akan ditandai dengan bunyi "tit" satu kali dan lampu indikasi berkedip sekali pada pemindai. 

Jadi hari ini kita akan belajar cara membuat scan barcode produk sendiri, dengan menggunakan ponsel Android, iPhone atau PC/laptop dan secara online melalui website. Berikut tutorialnya untuk anda.

Cara Membuat Barcode Sendiri

cara membuat barcode sendiri gratis cara membuat scan barcode sendiri cara membuat barcode link cara membuat barcode dengan excel cara membuat barcode produk cara buat barcode online cara membuat barcode garis online cara buat barcode harga barang

Untuk membuat barcode sendiri, diperlukan alat atau media yang akan membantu mengubah simbol menjadi kode. Pembuatan kode ini juga dapat dilakukan dengan berbagai cara. 

Nah berikut ini adalahcara membuat barcode sendiri gratis cara membuat scan barcode sendiri cara membuat barcode link, cara membuat barcode dengan excel, cara membuat barcode produk, cara buat barcode online, cara membuat barcode garis online, cara buat barcode harga barang penggunaan website atau aplikasi gratis yang dapat diakses, berikut beberapa referensinya untuk anda :

1. Cara Membuat Barcode melalui Generator Online

Cara Membuat Barcode Sendiri di Android secara online tanpa menggunakan aplikasi atau software dengan bantuan sistem internet. Jika menggunakan Barcode Generator ini maka kita membutuhkan jaringan yang terhubung dengan internet. 

Jadi, cara membuat barcode online sangat mudah, cukup masuk ke situsnya dan ikuti prosedur maka barcode anda sudah siap. Nah, DigifyCloud merekomendasikan beberapa situs-situs untuk cara membuat barcode scan produk secara online adalah sebagai berikut:

a. the-qrcode-generator.com

Di situs ini Anda tidak hanya dapat memproduksi barcode, tetapi juga memindai barcode. Cara membuat barcode juga sangat sederhana, cukup isi nama brand anda, url website, kontak, nomor hp atau kode untuk sms, dan hasilnya akan langsung muncul setelah anda mengisi data.

Di situs ini, Anda juga dapat mengatur hasil ukuran khusus jika ingin menyimpannya. Namun pembuatan Barcode di situs ini hanya untuk cara menghasilkan QR Code atau hanya dua dimensi saja.

b. barcode.tec-it.com

Untuk situs yang ini tidak kalah menarik dan canggih. Berbeda dengan situs sebelumnya, di situs ini Anda dapat membuat Barcode khusus untuk jenis 1 dimensi. Namun, situs ini juga dilengkapi dengan banyak subjenisnya. Untuk hasilnya, Anda juga dapat mengunduhnya secara langsung.

c. barcode.graphics

Cara menghasilkan barcode dari situs Bar Code Graphics cukup mudah. Untuk kode batang yang berisi kode USN, Anda dapat mendesainnya menggunakan situs Grafik Kode Batang. Tidak hanya menerjemahkan teks menjadi kode, Anda juga dapat mengubah ukurannya. Meski begitu, Anda hanya bisa membuat kode batang satu dimensi di situs ini.

d. createbarcodes.com

Website Untuk Membuat Barcode Pribadi Anda dapat memanfaatkan situs createbarcodes.com. Ikuti panduan yang muncul di situs untuk merancang kode batang dan anda bisa kustom sendiri. Tetapkan nama produk dan nomor seri untuk setiap item yang Anda daftarkan untuk mendapatkan kode batang. Nah, barcode sudah siap ditempelkan pada barang atau produk anda.

e. barcode.gs1us.org

Cara Membuat Barcode Online untuk Produk Bisnis untuk alasan komersial, Anda harus menggunakan kode identitas resmi. Berikut adalah beberapa metode untuk membuat kode batang resmi: Tentukan nomor identifikasi UPC/ISBN produk Anda. Buka barcode.gs1us.org untuk mengambil UPC. Jika Anda ingin mengambil kode ISBN, kunjungi situs web ISBN.org.

2. Cara Membuat Barcode di Komputer (PC) atau Laptop

Selanjutnya tutorial membuat barcode di PC/Laptop. Anda juga dapat membuat barcode menggunakan PC atau laptop pilihan Anda. Namun bagi anda yang belum memiliki programnya (software) silahkan download dan install terlebih dahulu.

a. ByteScout BarCode Generator

Program (Software) ini dapat menghasilkan beberapa gambar barcode yang berbeda dalam beberapa format output gambar. Format yang didukung oleh program ini adalah; PNG, TIFF, JPG, BMP dan GIF. Anda juga dapat merancang berbagai jenis barcode dengan program (software) ini dengan beberapa fitur keren.

b. SDR Free Barcode Generator

Software (program) ini cukup sederhana, dan software barcode ini cukup ringan untuk di jalankan pada laptop/pc anda. Untuk pemakaiannya. Anda hanya perlu memilih jenis kode batang, lalu memasukkan teks kode batang dan terakhir menyimpan output dalam bentuk gambar.

3. Cara Membuat Barcode di Android

a. Aplikasi Barcode Architect

Aplikasi membuat barcode di android yang DigifyCloud rekomendasikan adalah Barcode Architect. Ini adalah aplikasi yang dibuat oleh Simon Boylen yang dirancang untuk memproduksi kode batang saja. 

Ada banyak sekali pilihan jenis barcode di dalamnya, mulai dari untuk keperluan pribadi, EAN, UPC-A, ISBN, dan lain-lain. Anda dapat menyimpan kode yang dikembangkan setelahnya dalam format PNG, JPG, SVG, atau HTML5. Dan Anda dapat mengirimkannya segera melalui email jika diperlukan.

b. Barcode Generator

Aplikasi Barcode Generator ini sangat mudah digunakan, serta ukurannya yang ringan membuat aplikasi ini sangat disukai oleh pengguna Android. Ada juga berbagai macam barcode yang dapat Anda gunakan. Intinya aplikasi ini sangat disarankan untuk digunakan oleh teman-teman.

c. Barcode generator – Hamsoft Uganda

Aplikasi alternatif lain untuk Android, Anda dapat menggunakan aplikasi kode batang ini yang diproduksi oleh Hamsoft Uganda. Aplikasi ini, bisa Anda dapatkan secara gratis di Google PlayStore. Aplikasi Barcode Generator ini memungkinkan pembuatan kode batang yang mudah, sederhana, dan ringan. Anda juga dapat mengubah ukuran jika Anda menginginkannya.

4. Cara Membuat Barcode di Iphone

Bagi Anda yang menggunakan Smartphone Apple Iphone iOS, seperti iPhone atau iPad, ada aplikasi khusus tersendiri. Anda dapat menghasilkan barcode menggunakan aplikasi barcode bernama Qrafter. 

Silahkan download dari AppStore terlebih dahulu jika belum ada. Sistem aplikasi ini beroperasi hampir sama dengan Barcode Generator, yaitu dapat menghasilkan QR Code atau jenis barcode lainnya. 

Penggunaannya cukup mudah dan sederhana untuk digunakan. Untuk pengguna iOS, mungkin bisa dibilang cukup beruntung, karena kamera bawaannya sendiri bisa langsung men-scan Barcode.

Akhir Kata

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk membuat Barcode Anda sendiri dengan menggunakan beberapa cara yang sudah dijelaskan? Cukup mudah bukan cara membuat barcode?

Itulah artikel dari DigifyCloud tentang 10 Cara Membuat Barcode Sendiri di Android, Iphone, PC/Laptop dan Online dengan cara yang simpel dan praktis. Selamat mencoba dan semoga postingan ini bermanfaat. Jangan Lupa Share ya