Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Printer 3D, Manfaat, Jenis dan Proses Kerja

Digifycloud.com Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang Pengertian dan sejarah Printer 3D. Selain itu juga, apa saja manfaat dari 3D Printer? Jenis 3D Printing apa saja, Proses Kerja Printer 3D?

Di era teknologi saat ini, printer 3d merupakan salah satu bagian dari yang tak terpisahkan dengan teknologi dan berkembangnya sistem elektronik saat ini. Mungkin selama ini, yang kita tahu hanyalah perkembangan dari Komputer, Laptop, Gadget dan lain sebagainya. 

Pernahkah didalam benak kalian bahwasanya printer merupakan salah satu teknologi mutakhir saat ini??

Pengertian Printer 3D

Pengertian, Manfaat, Jenis dan Proses Kerja Printer 3D

Pengertian dari printer 3d adalah sebuah alat atau mesin yang dapat membantu manusia dalam membuat suatu objek atau benda dalam kategori 3 Dimensi.

Untuk proses pembuatan 3 Dimensi awalnya berasal dari sebuah file digital yang kemudian diproses oleh mesin printer 3d  dengan cara memanfaatkan  proses aditif.

Proses pembuatan aditif melalui cara dengan menempatkan lapisan tipis dengan berurutan sehingga akan terbentuk objek 3D sesuai dengan bentuk file digital yang telah di buat sebelumnya.

Kita dapat melihat lapisan-lapisan ini dengan bentuk silang horizontal yang dikikis secara halus dan tipis yang alhasil membentuk objek 3 dimensi. 

Fungsi & Manfaat Printer 3D

Setiap harinya jumlah individu memanfaatkan teknologi printer 3D terus bertambah.  Banyak yang mulai mengenali keuntungan dari teknologi ini dan mengganti subtraktif tradisional dengan teknologi printer 3D.

Baca Juga : Peluang usah dan bisnis 3d printing

Teknologi printer 3D mungkin membawa berbagai keuntungan untuk kebutuhan usaha dan pribadimu. Berikut adalah beberapa keuntungan memiliki  teknologi printer 3D:

1. Produksi barang 3 dimensi super cepat

Ketika membandingkan kecepatan mobil dengan sepeda yang dioperasikan oleh seseorang dimana keduanya jelas memiliki tujuan yang sama, tetapi ingatlah bahwa, menggunakan mobil lebih cepat daripada mengendarai sepeda.

Demikian pula, dengan printer 3D, dari prototipe untuk menyelesaikan produk, printer 3D tentunya mempercepat pengujian ide dan desain. Hanya dalam beberapa jam, siapa pun dapat mengembangkan dan memproduksi prototipe 3D  yang tidak diragukan lagi sesuai kebutuhan pasar.

2. Jasa Produksi 3 Dimensi

Seiring dengan perluasan pasar teknologi printer 3D, lebih banyak orang yang ingin belajar bagaimana memanfaatkan 3d printer. Hal ini menciptakan lebih banyak orang secara aktif mendidik dan menghasilkan instruksi film tentang printer 3D

3. Efektifitas Waktu dan Anggaran

Biasanya, sebelum produk dirilis di pasar, prototipe produk 3 dimensi ini dibangun dan diuji untuk kelayakannya. Teknik konvensional (tradisional) benar-benar menuntut operator dan teknisi keahlian mesin untuk mengelola 3 dimensi. 

Namun, jika menggunakan printer 3D, biaya prosedur inspeksi produk dapat dikurangi karena printer 3D tidak memakan waktu dan hemat anggaran.

4. Kreativitas

Jika kamu merupakan orang yang mempunyai kreativitas tinggi dalam memproduksi printer 3d, maka dengan memanfaatkan printer 3d, maka karya anda dapat berjalan dengan baik tanpa batas, alhasil karya yang dihasilkan sungguh luar biasa.

Baca Juga: 
Dengan demikian, anda juga bakal memperoleh jasa pembuatan 3D pastinya menghasilkan uang. Teknologi printer 3D memungkinkan Anda untuk mengembangkan untuk menjadi kreator dalam dunia 3-Dimensi.

5. Lingkungan Bersih

3D Printer hanya membutuhkan bahan-bahan material untuk membuat 3 dimensi di mesin printer 3D. Selain itu, bahan yang tidak lagi diperlukan untuk printer 3D dapat didaur ulang. Dalam metode ini, printer 3D benar-benar ramah lingkungan dan cukup hemar uang bagi perusahaan 3d printing.

6. Sumber Penghasilan

Dari 5 manfaat printer 3d diatas, ada hal lain yang dapat memicu anda memperoleh printer 3d yakni dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan (usaha). Tentunya hal ini bisa menjadi pilihan terbaik bisni rumahan.

Jenis Printer 3D

Nah, ada berbagai macan atau jenis printer 3d yang biasa digunakan oleh perusahaan atau individu antara lain sebagai berikut:

Printer Direct

Printer tipe direct ini proses kerjanya cukup sederhana hanya dengan bantuan mesin teknologi inkjet. Inkjet tersebut bakal bergerak maju dan mundur serta akan mengeluarkan sebuah cairan bahan dan menyemburkan tinta, sedangkan pada Printer 3D akan mengeluarkan cairan material seperti lilin atau polimer plastik. 

Printer Binder

Printer jenis binder ini proses kerjanya adalah masih menggunakan teknologi inkjet. Printer ini miliki kesamaan dengan printer direct namun yang membedakannya terletak pada bahan yang dipisah. Saat proses pencetakan dimana printer ini ngeprint melalui dua bahan layer yakni bubuk kering serta lem cair.

Printer Photopolymerization

Printer jenis Photopolymerization ini adalah teknologi mensin printer yang proses kerjanya dengan bantuan cahaya. Mesin ini bakan mengeluarkan cairan plastik kemudian agar cairan tersebut mengeras perlu bantuan sinar laser ultraviolet.

Printer Sintering

Printer ini dalam prosesnya menggunakan partikel padat yang juga dikenai sinar. Proses penyinaranan terhadap benda padat ini disebut dengan Selective Laser Sintering (SLS). Cara kerja printer 3D ini menggunakan sinar laser untuk melelehkan bubuk plastik yang dapat mengeras kembali hingga membentuk cetak lapisan.

Bagaimana Cara Kerja Printer 3D?

Cara Kerja Printer 3D. Secara umum, teknik dalam membuat objek 3 Dimensi sama dengan yang digunakan pada inkjet standar yang dapat menghasilkan lapisan cetakan warna sehingga membentuk suatu objek sesuai yang telah dirancang sebelumnya. 

Akan tetapi, mesin printer 3d tidak membutuhkan tinta namun bahan plastik molten wax sebagai bahan pencetakan objek 3d tersebut.
Proses kerja mesin printer 3D adalah dengan memanfaatkan teknologi additive manufacturing dimana dalam menyusun suatu objek yang dari lapisan bahan yang bakan dicetak. Sedangkan pada printer laser, bahanya bakalan dipahat dan dibuang.

Untuk mengenal bagaimana proses atau cara kerja printer 3d secara global, berikut digifycloud mengulas uraiannya sebagai berikut

Modelling Objek 3D

Hal yang pertama dalam proses kerja printer 3d adalah dengan modelling objek. Model 3D dapat dibuat dengan bantuan sebuah aplikasi atau software desain 3d. Dengan software tersebut maka proses pembuatan model 3 dimensi akan lebih mudah. Ada beberapa rekomendasi digifycloud tentang software desain 3d yakni Solidwork dan Tinkercad dll.

Proses Pencetakan 3D

Nah jika objek 3d telah siap di buat, maka proses kerja printer 3d selanjutnya adalah mencetak file tersebut dengan mesin 3d printer. Waktu yang dibutuhkan dalam proses pencetakan tergantung mudah dan sulitnya model 3d. 

Ada beberapa tahap yang ditempuh yakni mesin printer 3d akan mendeteksi desain 3d lalu akan menyusun lapisan dan kemudian bakan menjadi model virtual secara otomat tergabung dan terbentuk suatu objek 3d yang utuh.

Proses Finishing

Langkah terakhir dari proses atau cara kerja printer 3d adalah dengan menyempurnakan bagian-bagian desain yang mengalami kesalahan teknis misalnya dari ukuran yang terlalu kecil atau mungkin besar. Dengan proses seperti ini akan menghasilkan desain 3d yang sempurna sesuai dengan keinginan.

Akhir Kata


Nah itu dia Pengertian, Manfaat, Jenis dan Proses Kerja Printer 3D yang dapat menjadi referensi untuk kawan-kawan digifycloud semua. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.
Cindy
Cindy Suka Gabut, Content Writer, Suka Membaca, Suka-Sukalah Semuanya. Kalau mau beliin saya CILOK, bisa banget ya kak disini Traktir Cindy