Cara Membuat Barcode Lokasi di Google Maps Terbaru 2022

Cara Membuat Barcode Lokasi di Google Maps - Bagaimana sih cara membuat barcode lokasi di google maps? Di dalam artikel ini kita akan mengulasnya  cara membuat lokasi menjadi barcode. Kemajuan teknologi terus berkembang baik itu komputer, gadget dan alat digital lainnya. Dengan perkembangan teknologi, semuanya menjadi lebih sederhana dan praktis.

Dulu, sebelum teknologi belum canggih seperti sekarang, orang masih menggunakan peta kertas dan kompas. Namun, perlu ditekankan bahwa sekitar 90 persen gambar peta yang dibuat tidak dapat memberikan gambaran yang akurat tentang tempat tersebut. Dimulai dengan nama jalan, petunjuk yang  seringkali malah membingungkan.

Cara Membuat Barcode Lokasi

Cara Membuat Barcode Lokasi di Google Maps dengan Mudah dan Praktis

Cara membuat barcode lokasi pada undangan tentunya sangat penting pada saat ini. Denah lokasi seperti ini paling sering terlihat pada undangan pernikahan, lokasi perusahaan/bisnis, undangan untuk pertemuan formal dan sebagainya. 

Sekarang ini denah model peta  sudah jarang ditemukan, orang lebih memilih menggunakan barcode untuk menunjukan tempat. Barcode dipilih karena lebih mudah dan akurat, ketika pengguna memindai barcode akan langsung terhubung ke program pemetaan. Tapi sebelum lanjut,  mari kita pahami apa itu barcode?

Apa itu barcode?

Sebelum tahu Cara Membuat Barcode Lokasi di Google Maps, terlebih dahulu mengenal apa itu barcode? Menurut Wikipedia, Barcode adalah kumpulan data optik yang dibaca oleh mesin. 

Selain itu, Barcode adalah kode batang yang berbentuk garis yang dapat dibaca oleh mesin. Hal ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda saat melakukan pembelian dan pembayaran di kasir.

Awalnya, barcode banyak digunakan di supermarket untuk mempercepat pemeriksaan barang sehingga prosesnya bisa lebih cepat dan tentunya akurat. Penasaran kan Cara Membuat Barcode Sendiri? Sabar ya, kita lanjut....

Namun sekarang barcode telah digunakan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya adalah dengan membuat barcode lokasi. Barcode masih banyak yang menggunakannya sampai sekarang, karena harganya paling murah.

Selain barcode, saat ini sudah ada teknologi Radio Frequency Identification (RFID) yang memberikan fungsi lebih canggih, namun dari segi harga justru lebih mahal dari barcode. Ok mari kita lanjut membuat barcode lokasi online.

Keunggulan Barcode

Ada berbagai keunggulan yang ditawarkan barcode dibandingkan dengan teknologi lainnya:
  1. Barcode memiliki akurasi data yang sangat baik
  2. Kecepatan dalam proses input data
  3. Kemudahan kontrol inventaris
  4. Barcode lebih ramah pengguna
  5. Teknologi barcode adalah yang termurah
  6. Barcode dapat meningkatkan layanan

Mengapa Google Maps ?

Dalam membuat barcode lokasi, Google Maps lebih disarankan daripada yang lain. Alasan utamanya adalah karena Google Maps adalah milik Google, sedangkan alasan tambahannya adalah sebagai berikut:
  1. Lokasi yang diberikan oleh Google Maps lebih tepat, teliti dan detail.
  2. Hampir semua pengguna smartphone memiliki Google Maps yang dimuat.
  3. Google Maps memiliki opsi pratinjau lokasi.
  4. Google Maps menyediakan fungsi street view untuk melihat lokasi secara langsung.
  5. Barcode memiliki fungsi berbagi ke berbagai media sosial.
  6. Dan masih banyak lagi fasilitas lainnya.

Cara Membuat Barcode Sendiri Lokasi di Google Maps 

Jika dulu Anda harus menggunakan alat tertentu, hari ini Anda bisa melakukannya di PC, Android, dan di perangkat apa pun. Lalu bagaimana cara membuat barcode lokasi di google maps? Bagaimana cara membuat barcode lokasi untuk undangan? Simak terus artikel berikut.

Cara untuk membuat barcode atau kode QR lokasi cukup mudah. Bahkan, saat ini bisa dilakukan langsung melalui ponsel Android, Iphone bahkan Laptop. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan tentang cara tersebut. 

Karena saya yakin membuat qr code maps akan cukup bermanfaat bagi anda yang ingin membuat undangan, atau kegunaan lainnya. Selain itu, hanya ngeshare lokasi tentu sangat bisa dilakukan.

Cara Membuat Barcode Lokasi Langsung Melalui Browser 

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyalin alamat lokasi di Google Maps. Kemudian buat menjadi barcode atau kode QR. Ada beberapa website yang dapat  membantu kita untuk membuat barcode google maps secara online.

Salah satu website yang dapat digifycloud.com manfaatkan adalah situs pembuat kode qr situs web. Bingung? Langsung saja kita ke cara membuat barcode lokasi Google Maps di hp dan PC/laptop..
  1. Silahkan anda buka Google Maps menggunakan browser, misal Chrome;
  2. Lalu anda Ketikan lokasi di kolom "search";
  3. Kemudian kalian pilih menu "Share" dan lalu anda  pilih "Copy Link";
  4. Buka halaman baru dan masuk situs pageloot.com;
  5. Scroll kebawah dan cari menu URL;
  6. Selanjutnya anda pilih sub menu lalu “Go To Website” dan masukan link pada kolom yang ditampilkan;
  7. Kalian atur warna barcode dan silahkan anda tambahkan logo sesuai keinginan Anda; Pilih juga jenis barcode dan bentuk Square dan Round;
  8. Atur ukurannya dan pilih Unduh;
  9. Barcode akan disimpan dalam file "Download" dengan jenis PNG.

Cara Membuat Barcode Lokasi Langsung Melalui Android

Cara membuat barcode dari aplikasi Android ini menggunakan aplikasi Barcode Generator. Anda dapat menggunakan program ini dengan mudah. Mulai dari kode QR hingga barcode yang biasa digunakan untuk merchandise di supermarket.

Anda tidak perlu repot dengan barcode dan Anda dapat mengikuti petunjuk sesuai yang ada di aplikasi. Aplikasi Barcode Generator ini mendapat value yang bagus dari penggunanya di google playstore.
  1. Silahkan kalian Instal terlebih dahulu aplikasi Barcode Generator;
  2. Kemudian anda buka aplikasi Google Maps.
  3. Pilih tempat yang diinginkan, lalu tekan Bagikan (share).
  4. Klik aplikasi Barcode Generator.
  5. Tunggu beberapa detik, dan kode batang (barcode) Google Maps akan ditampilkan.

Akhir Kata

Nah, itulah artikel mengenai bagaimana cara membuat barcode lokasi google maps. Dengan menggunakan kode batang (barcode), Anda dapat menunjukkan lokasi toko, lokasi undangan Anda di internet sehingga mudah dikenali oleh pengunjung.

Cukup mudah bukan cara membuat barcode maps? Selanjutnya untuk membaca barcode kita cukup memanfaatkan aplikasi barcode scanner atau tanpa aplikasi. Silahkan baca artikel Cara Scan Barcode di HP.